Efektivitas Metode Al Miftah untuk Melatih Kemampuan Qawa’id pada Peserta Didik Kelas X Keagamaan Di Madrasah Aliyah

Humairah M. Humairah M., Mustamin Mustamin, Abdul Qahar Zainal

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung yang berperan terhadap efektivitas Metode Al Miftah dalam melatih Kemampuan Qawa'id pada Siswa Keagamaan Kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Annahdlah Kota Makassar. Kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Annahdlah Makassar Penelitian kualitatif deskriptif kota digunakan dalam penelitian ini. Reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan terdiri dari tiga tahap metode analisis data, yang menggunakan data deskriptif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data. Menurut temuan penelitian ini, belajar bahasa Arab dengan Metode Al Miftah menyenangkan sekaligus merangsang otak kanan dan kiri. Ada tahapan dalam proses pembelajaran bahasa Arab Metode Al Miftah. Keterbatasan waktu dan kurangnya pengetahuan bahasa Arab siswa menjadi penyebab kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran bahasa Arab. Isi yang mudah dipahami menjadi tulang punggung proses pembelajaran bahasa Arab ini.

Keywords


Metode al-Miftah; Kemampuan Qawa'id; Komponen Sintaksis;

Full Text:

PDF

References


Adzkiyatul, B. (2021). Pembelajaran Qowa’id Menggunakan Kitab Al-Miftah Lil ‘Ulum Di Pondok Pesantren Nurul Iman Pasir Wetan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto.

Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan Ipa, 2(1), 72–79. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11796

Anwar, M. S. (2022). Evaluasi Hots dalam Pembelajaran Maharah Al Istima’Berbasis Musical Intelligences. Prosiding Seminar Ilmiah Bahasa Dan Sastra Arab, 1, 35–45. https://prosidingpbaunj.com/sibastra/index.php/files/article/view/4

Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Damayanti, A. S. (2022). Hubungan Pembelajaran Sistem Daring dengan Kemandirian Belajar Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik (Ed. I). Bumi Aksara.

Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153–8160. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak (I). Kencana.

Malik, A., Wahyuni, Y. S., & Rohman, P. (2023). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Quridha Ilmi Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju. Education and Learning Journal, 4(1), 18–25. https://doi.org/10.33096/eljour.v4i1.199

Masnun, M. (2018). Teori Linguistik dan Psikologi dalam Pengajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 172–204. http://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/jpi/article/view/107

Nelisma, Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Perpektif Manajemen Pendidikan Islam. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 158–172. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i2.309

Prihartini, Y., Wahyudi, W., & ... (2018). Penerapan Konsep Matematika Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada FTK Di UIN STS Jambi. Tarbawi: Jurnal Ilmu …. https://doi.org//10.32939/tarbawi.v14i2.267

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach) (Cet. I). Deepublish.

Sangid, H. A., & Muhdi, A. (2020). Budaya Literasi di Pesantren: Belajar dari Santri Nurul Ummah Kotagede Jogja (Cet. I). Pustaka Ilmu.

Supriyadi, & Amalia, A. N. (2022). Teknik Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) dan Negosiasi (M. Nasrudin (ed.)). Penerbit NEM.

Syaifudin, M. (2022). Pembelajaran Sintaksis Bahasa Arab; Review Diferensiasial dengan Bahasa Indonesia. QUDWATUNA, 5(1), 1–32. http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/162

Uno, H. B. (2023). Perencanaan pembelajaran. Bumi Aksara.

Uriawan, W., & Hidayat, H. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Ilmu Sharaf Dalam Tata Bahasa Arab Berbasis Android. JURNAL ISTEK, 10(2). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/1482

Wekke, I. S. (2015). Model Pembelajaran Bahasa Arab (I). Deepublish.

Wekke, I. S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0