Penerapan Strategi Pembelajaran Flash Card Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik

Wiwik Widastuti, Musafir Tahir, Andi Fadhilah A. Natsir

Abstract


Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas di sekolah dan peran utama yang dimainkan oleh guru saling terkait erat. Dengan kata lain, pendidikan di sekolah harus menyenangkan, menantang, interaktif, dan kondusif bagi pengembangan kreativitas dan kemandirian siswa sesuai dengan bakatnya. , minat, perkembangan fisik dan mental, serta tanggung jawab utama guru.dalam proses pembelajaran adalah menciptakan lingkungan yang mendorong siswa untuk belajar secara dinamis tentang mata pelajarannya.Untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar, hal ini suasana dapat mendukung terselenggaranya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, lokasi penelitian di SMPN 3 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja, dan lama penelitian selama dua bulan. Fokus penelitian adalah kelas VIII A. Prosedur penelitian, metode pengumpulan dan analisis data, serta indikator keberhasilan juga termasuk dalam metode penelitian. Hasil penelitian, yang membahas tentang bagaimana strategi pembelajaran flash card digunakan. Penerapan strategi pembelajaran flash card cukup berhasil, dengan nilai siswa yang meningkat setiap siklusnya. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini berhasil berdasarkan temuannya. Hanya 13,33 persen siswa yang memperoleh nilai baik pada prasiklus, tetapi angka tersebut meningkat menjadi 53,33 persen pada siklus I dan menjadi 86,66 persen pada siklus II masing-masing.

Keywords


Strategi Pembelajaran; Falsh Card; Motivasi Belajar; Pembelajaran PAI.

Full Text:

PDF

References


Alfirzan, A., Nasri, Y., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan Pendidikan serta Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1521–1529. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1131

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional (I). Prenada Media.

Firdaus, M., & Chairunisa, F. (2021). Belajar Sambil Bekerja dan Bekerja Sambil Belajar (Cet. I). Deepublish.

Ikmal, H. (2023). Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Konsep, Pemilihan, Pengembangan dan Evaluasi). Nawa Litera Publishing.

Maryanti, E., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Board Games Berbasis Permainan Tradisional Egrang Batok untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4212–4226. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1486

Misidawati, D. N., Nurdiana, R., Shofwani, S. A., & Hariyadi, A. (2021). Media Video untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Kuliah Managemen Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 382–388. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1018

Naredi, H., Ruslan, A., & Sanijan, L. A. (2022). Model Pembelajaran Blended Learning: Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Daya Tarik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.37373/bemas.v3i1.206

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pangaribuan, J. J., Maulana, A., Zesty, J., & Nadjar, F. (2022). Simpuru: Gamifikasi Pembelajaran Bahasa Jepang dalam Aplikasi Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), 5(2), 60–65. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v5i2.2950

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Deepublish.

Purwati, D. (2020). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Potensi Lokal (Panduan Menulis Naskah Drama dengan Mudah). Jakad Media Publishing.

Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.33650/pjp.v4i2.17

Rusyan, A. T., Winarni, W., & Hermawan, A. (2020). Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif dan Inspiratif (Cet. I). Deepublish.

Sari, S., Ristianti, D. H., & Rizal, S. (2022). “Pemanfaatan Kelompok Belajar Siswa Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa dI SMA N 8 Rejang Lebong. IAIN Curup. http://e-theses.iaincurup.ac.id/3006/

Setiawan, M. A. (2018). Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi). Deepublish.

Su’aidah, L. (2019). Penggunaan Teknik Reka Cerita Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X MIA 1 MAN 2 Tulungagung. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 174–182. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/491

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Deepublish.

Yuri, I. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa pada Bidang Studi Al-Qur’an Hadis (Di MTsN 2 Ciganjur Jakarta Selatan¬) (p. 112). Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43446




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0