Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia

Ansar Ansar, Isnaeni S. Isnaeni S., Julia Julia, Nur Hafida

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Prosedur penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian kepustakaan, antara lain: (1) memilih topik kajian, (2) melakukan penelusuran informasi, (3) merumuskan fokus penulisan, (4) mengumpulkan sumber-sumber informasi, (5) melakukan penyajian informasi, dan (6) menyusun laporan dalam bentuk deskripsi jurnal ilmiah.  Teknik pengumpulan data penelitian ini mengandalkan sumber dokumentasi dengan mengkaji sumber-sumber yang berkaitan dengan fokus masalah penelitian. Teknik penelitian ini menggunakan desain kajian literatur yaitu mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan topik penelitian dan mengumpulkan informasi dari literatur yang valid. Dari hasil analisis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ; Pertama, pembelajaran bahasa Arab adalah suatu proses kegiatan belajar mengajar oleh seorang guru dan siswa yang diajar bahasa Arab dengan mengorganisasikan berbagai unsur untuk memperoleh tujuan yang ingin dicapai. Khususnya guru bahasa Arab dituntut untuk beradaptasi lebih baik dengan alat atau media yang berbeda. Kedua, media pembelajaran memiliki peran yang sangat efektif. Salah satu jenis media ini adalah multimedia yang menggabungkan berbagai format media seperti teks, grafik, audio dan video dalam kontennya sehingga memudahkan siswa untuk menggunakannya dalam pembelajaran. Guru perlu lebih inovatif dalam penggunaan multimedia dan memiliki keterampilan dalam perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan zaman di era digital.

 


Keywords


Pembelajaran Bahasa Arab; Multimedia Bahasa Arab; Pembelajaran Multimedia

Full Text:

PDF

References


Achla, A., Wahyuddin, W., & Deviana, A. (2023). Penggunaan Multimedia pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Martapura. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 22(2). https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v22i2.175

Al-Ghalayini, M. (1993). Jami’ al-durus al-Arabiyyah. al-Maktab al-Asriyyah.

Amalia, N. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I. Jurnal PenSil, 9(2), 104–110. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.15350

Ermawati, & Rufaidah, D. (2019). Implementation of Tri-N (Niteni-Nirokke-Nambahi) and PPK (Strengthening of Character Education) in Explanation Text Learning Development of Grade 8th. Proceedings: the International Conference on Technology, Education, and Science, 1(1), 33.

Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902

Kafrawi, M., Luthfi, A., & Munir, M. (2022). Penggunaan Teknologi Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn Kota Tanjungpinang. JPPM Kepri Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(2), 88–97. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i2.469

Karim, B. A., & Ansar, A. (2022). Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Education and Learning Journal, 3(1), 19–27.

Kridalukmana, R., & Martono, K. T. (2019). Pembelajaran bahasa inggris berbasis teknologi komunikasi dan informasi melalui penerapan multimedia pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 4(1), 102–108.

Muharika, D., & Agus, F. R. (2019). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 80–86.

Muhimmatul Choiroh. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media E-Learning. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554

Reshi, A., Ernaz, N., & Noviyanti, S. (2022). Kajian Literatur Terhadap Keberhasilan Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 163–168.

Sari, A. lestari. (2013). 2013 Vol. 6 No. 2 Juli - Desember Pembelajaran Multimedia Jurnal Al-Ta’dib. Pembelajaran Multimedia, 6(2), 84–98.

Ulhadi, K., Aunurrahman, A., & Fadillah, F. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(1), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v10i1.44188

Washfiah, K. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab untuk Siswa Madrasah. Modernity: Jurnal Pendidikan dan Islam …, 1(1), 1–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0