Strategi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital 4.0

Andi Bangsawan Tolere, Mohammad Yusuf Iskandarsyah, Ansar Ansar

Abstract


Penelitian ini bertujuan sebagai pemaparan kepada pendidik bahasa Arab diseluruh lembaga pendidikan dalam penggunaan media serta pemanfaatannya dalam pembelajaran bahasa Arab kepada peserta didik di era digital 4.0, yang diharapkan dapat memicu keaktifan serta kreatifitas guru sehingga diharapkan pembelajaran lebih efektif dan optimal. Penulisan jurnal ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara memaparkan serta mendeskripsikan bagaimana cara pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa Arab di zaman sekarang. Kemudian teknik pengumpulan data dalam jurnal ini yaitu studi kepustakaan (library Research) yang memiliki makna sebagai teknik dengan cara menghimpun serta mengumpulkan bahan-bahan materi yang masih relevan dengan jurnal ini. Adapun sumber data primer yang kami pakai dalam penulisan ini adalah skripsi, buku-buku, dan jurnal-jurnal ilmiah yang berfungsi sebagai penguatan teori dalam jurnal ini. Penulis mengambil kesimpulan bahwa pemanfaatan media dalam pembelajaran saat ini hadir dalam 3 aspek utama yaitu, audio berupa penggunaan podcast dan laboratorium bahasa, visual berupa penggunaan media poster, papan buletin, gambar digital, serta aplikasi canva dan yang terakhir adalah audio visual berupa pemutaran video bahasa arab melalui platform-platform digital seperti YouTube dan TikTok dengan perantara proyektor, layar, dan laptop di dalam kelas maupun di laboratorium bahasa.

Keywords


Strategi Pembelajaran; Pemanfaatan Media; Media Pembelajaran; Bahasa Arab Era Digital 4.0

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. (2014). Optimalisasi Pemanfaatan Laboratorium Bahasa dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab. 2.

Azhar, A. (1997). Media Pengajaran. Raja Grafindo Persada.

Fikri Hilal Ramadhan. (2019). Pemanfaatan Media Visual Poster dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kalam.

gunawan, & Asnil Aidah Ritonga. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Raja Rrafindo Persada.

Maklonia Meling Moto. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.

Sholihah M., & Mohammad Sahal Hadi. (2019). Penggunaan Media Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa.

Mega Primaningtyas. (2018). Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 1(1).

Nashiah, D., & Zaim Elmubarok. (2015). Keefektifan Media Bulbar (Buletin Bahasa Arab) Pada Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI IPA MAN Demak. Lisanul Arab, 4(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa

Nursifa Faujiah, Sekar Nanda Septian, Tiara Putri, & Usep Setiawan. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. JUTKEL: Jurnal Telekomunikasi, Kendali Dan Listrik, 3(2).

Raudatussolihah, B. (2022). Pengembangan Teknologi Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Education and Learning Journal, 3(1), 53. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.150

Risqa Tri Oktaviani. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan Dan Pelatihan (DIKLAT). Madika: Media INformasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawan, 5(1).

Rofiqah Al Munawwarah. (2019). Sparkol Videoscribe sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2).

Siti Lutfiah. (2021). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Materi Mufrodat.

Vandayo, T., & Hilmi, D. (2020). Implementasi Pemanfaatan Media Visual untuk Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Arab. In Jurnal Pendidikan Ilmiah (Vol. 5, Issue 2). Desember.

Zaenol Fajri, Ira Febriliana Dewi Riza, Himmatul Azizah, Yulia Sofian, Ummami, & Ayu Andila. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3)




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


MUJADDID: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

 

___________________________________________________________

MUJADDID: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN : 0000-0000
Published by: Fakultas Agama Islam
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0