Strategi Tenaga Pendidik dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab

Zair Idrisa, Muhammad Wakka, Muh. Aidil Sudarmono R, Ansar Ansar

Abstract


Tenaga pendidik mempunyai peran penting pada proses pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran tidak terlepas dari kurikulum yang digunakan dan karakteristik peserta didik. Belajar tidak pernah bebas dari kemungkinan kekurangan menjadi penghambat terwujudnya tujuan pembelajaran setiap saat. Kekurangan salah satunya adalah munculnya kejenuhan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor penyebab kejenuhan belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab kelas XI MIPA 1 Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar. 2) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Strategi tenaga pendidik dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas XI MIPA 1 Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, yang merupakan penelitian yang didasari dari pengalaman subjektif atau fenomenologikal yang dialami pada diri individu. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa bahwa faktor penyebab kejenuhan belajar adalah sebagai berikut : 1) Tidak mengerti apa yang dijelaskan tenga pendidik 2) Cara mengajar tidak bervariasi 3) Cara menjelaskan tenaga pendidik terlalu cepat 4) Kuranya penguasaan kosa kata bahasa Arab. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa tenaga pendidik sangat berperan aktif, dalam setiap proses pembelajaran untuk mengatasi masalah kejenuhan belajar peserta didik. Sebagai mana upaya yang dilakukan tenaga pendidik bahasa Arab di Madrasah Aliayah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar,oleh Bapak Muhammad Iqbal, Bapak Hasan Basri, Ibu Erni Elgani, dan Ibu Sitti Jasmirah bahwa ada beberapa strategi yang dilakukan tenaga pendidik untuk mengatasi kejenuhan belajar peserta didik sebagai berikut : 1) Merubah tempat belajar diluar kelas 2) Memberikan hal-hal yang lucu 3) Pemberian Quiz 4) Menggunakan Metode diksusi 5) Ice Breaking.

Keywords


Strategi Tenaga Pendidik; Kejenuhan Belajar; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Arum, T. N., & Irhandayaningsih, A. (2020). Pengolahan arsip dinamis inaktif dalam upaya mendukung layanan informasi di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Batang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 246–255.

BR, B. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di SMA Plus Budi Utomo Makassar. Universitas Muslim Indonesia.

Departemen Agama RI. (2018). Al-Quran dan Terjemahanya.

Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.

Harsif, S. H. R. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Teman Sebaya (Peer Tutoring) Dalam Menhatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP It Ar-Rahmah Makassar. Universitas Muslim Indonesia.

Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. CV. Jejak.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151.

Primayana, K. H., & Dewi, P. Y. A. (2021). Manajemen Pendidikan Dalam Moderasi Beragama Di Era Disrupsi Digital. Tampung Penyang, 19(1), 45–59.

Riska, R. K., & Rosada, U. D. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Bantul. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 380–390.

Sudarmono, Mu. A., Wahab, A., & Azhar, M. (2020). Upaya Peningkatan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2), 162–170.

Syahrul, M., & Martini, M. (2018). Penerapan Pendekatan Konseling Rasional Emotif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Ddi Kab. Pangkep. Komunida : Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(1), 51–60. https://doi.org/10.35905/komunida.v8i1.600

Tubagus, M., & Kom, S. (2021). Model Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh: Kajian Teoritis dan Inovasi. Nas Media Pustaka.

Wita, G., & Mursal, I. F. (2022). Fenomenologi dalam Kajian Sosial Sebuah Studi Tentang Konstruksi Makna. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 325–338.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.274

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel