Implementasi Model Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagiamana kekatifan serta kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan serta mempertanggung jawabkan tugas yang diberikan sehingga dengan hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII B SMPN 8 Mallawa Maros. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMPN 8 Mallawa Maros dengan jumlah 30 siswa yang terdiri 13 laki-laki dan 17 perempuan. Instrument yang dipakai adalah observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap peserta didik SMPN 8 Mallawa Maros, wawancara akan dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada guru bidang studi Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa kelas VIII B, dan berupa tes awal dan tes akhir bentuk pilihan ganda sebanyak 10 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalu siklus yang telah dilakukan. nilai rata-rata pre-test siswa sebesar 57,83 dengan angka presentase 20%, nilai rata-rata post-test pada siklus I meningkat 67,33 dengan angka presentase 53,33%Â dan meningkat lagi di nilai rata-rata post-test pada siklus II yaitu 80 dengan nilai presentase ketuntasan 100%. Kesimpulanya, implementasi model pembelajaran Ice Breaking meningkatkan hasil belajar mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII B SMPN 8 Mallawa Maros.
Keywords
References
Ayu. N., D. H. A. (2015). Penerapan Ice Breaking (Penyegar Pembelajaran) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VIII A MTs An-Nur Pelopor Bandarjaya Tahun Pelajaran 2013/2014. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), III, h.28.
Bunyamin, A., Hastia, & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MANGowa. 2, 113.
Fanani, A. (2010). Ice Breaking dalam Proses Belajar Mengajar. VI(11), h.69. https://doi.org/10.1145/3110292.3110316
Haidir, & Salim. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, dan Jenis. Prenada Media Group.
Hidayatullah, S. N. (2013). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas X TPM SMK Negeri 7 Surabaya Pada Mata Pelajaran K3, JPTM. 01(02), h.68.
Nasional, D. P. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rosmiati. (2020). Peranan Supervisi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Kota Makassar. 1, 11.
Soenarno, A. (2005). Ice Breaking Permainan Atraktif dan Edukatif. Andi Offest.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana Prenamedia Group.
Sudirman. (2016). Implementasi Model - Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Sunarto. (2012). Ice Breaking dalam Pembelajaran Aktif. Cakrawala Media.
Surani, Bahtiar, I., & Assegaf, A. R. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII C pada Mata Pelajaran PendidikanAgama Islam. 3, 85.
Syahid, A., & Bachri, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru MI Mitra Pgmi UMI Makassar. 16, 81.
Syaibani, O. M. at-T. asy-. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Bulan Bintang.
Wahab, A., Sari, A. R., Zuana, M. M. M., Luturmas, Y., & BagusKuncoro. (2022). Dunia pendidikan adalah wadah awal peserta didik untuk berproses dan memulai kegiatan belajarnyadalam menuntut ilmu dan pengetahuan. 4, 4645.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.282
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0