PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK
Abstract
Guru merupakan pendidik dan pengajar yang bertanggung jawab menyelenggarakan pendidikan anak usia dini melalui lembaga formal seperti sekolah, baik pendidikan dasar dan menengah. Selanjutnya, pendidik adalah individu yang memiliki kredensial dan akuntabilitas yang diperlukan untuk mengarahkan dan membina siswa. Make A Match adalah pendekatan pembelajaran kolaboratif di mana siswa mencari mitra untuk mengeksplorasi konsep atau topik tertentu dalam lingkungan yang menarik dan menyenangkan. Pemanfaatan pembelajaran mesin telah terbukti menguntungkan dalam meningkatkan fungsi kognitif seperti retensi memori, pemikiran kritis, dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan. Konsekuensinya, penerapannya memiliki potensi untuk meningkatkan pengalaman pendidikan dan pelatihan siswa secara keseluruhan. Selama proses pelaksanaan penelitian, sejumlah kendala ditemui dalam pengalaman belajar yang mengakibatkan siswa mengalami perasaan jenuh, tidak tertarik, dan kurang motivasi. Meningkatkan kualitas pendidikan untuk merangsang keterlibatan siswa dan mencapai tujuan rasional guru sangat penting untuk meningkatkan hasil akademik. Kemanjuran pendekatan guru, terlepas dari keberhasilannya, berdampak signifikan baik pada guru maupun siswa.
Penelitian ini berkaitan dengan metode penelitian yang digunakan, yang tergolong penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan selama dua bulan, dengan tempat penelitian MI GUPPI desa Borong Pala'la dan fokus penelitian kelas V. Prosedur penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan indikator keberhasilan juga diperhitungkan selama penelitian.
Hasil penelitian dimana membahas tentang penerapan metode Make a Match. cukup berhasil dimana tiap siklus mengalami peningkatan nilai peserta didik, dimana setiap siklusnya memiliki 4 tahapan mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Temuan studi menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil dalam mencapai tujuannya. Selama pra siklus persentase siswa yang mencapai nilai memuaskan hanya 52,92%. Namun pada siklus I angka tersebut meningkat menjadi 69,60%. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan persentase siswa yang memperoleh nilai baik yaitu mencapai 77%.
Keywords
References
Ahdar Djamaludin. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kopetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan : CV. Kaafah Learning Center.
Anas Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2).
Hamzah B Uno. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek Yang Mempengaruhi. Jakarta Bumi Aksara.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penliaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Raehana, S., & Syahrul, M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri ’ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1(1), 1–7.
Rofiah, N. H. (2016). Desain Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak di Perguruan Tinggi. Jakarta : Rajawali Pers.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta : RajaGrafindo.
Saur. (2014). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Sholimin, R. (2021). Akidah Akidah Akhlak Dalam Prespektif Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah. Indramayu : Jawab Barat.
Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Banjarmasin : Comdes Kalimantan.
Syahid, A., & Bachri, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education and Learning Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.32
Wakhidin, A. (2020). Perbaduan Model Pembelajarn Make A Match Dengan Quiz-Quiz Trande. Indramayu : Jawab Barat.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.304
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0