Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena MTsN 2 Maros merupakan lembaga satuan pendidikan yang bertujuan untuk menciptakan peserta didik yang berprestasi mandiri, berwawasan keislaman dan berakhlakul karimah dengan melalui penerapan model pembelajaran dan peningkatan hasil belajar yang baik, serta pembentukan akhlak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII (tujuh) A MTsN 2 Maros dengan menerapkan model pembelajaran Coontextual Teaching and Learning (CTL), yang diharapkan untuk mencapai hasil belajar yang tinggi dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Subjek penelitian ini adalah kelas VII (tujuh) A MTsN 2 Maros dengan jumlah 31 peserta didik, 16 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang di dapat diperoleh dari penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan signifikan pada setiap siklusnya. Hasil analisis ketuntasan pada pra Siklus yaitu 20% dan Tidak tuntas yaitu 80%. Pada Siklus I Hasil belajar peserta didik yang Tuntas yaitu 67% dan Tidak tuntas yaitu 32%. Siklus II Hasil belajar peserta didik yang Tuntas yaitu 93% dan Tidak tuntas 7%. Artinya Hasil belajar peserta didik sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).
Keywords
References
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2).
Iskandar. (2011). dasar-dasar pengembangan kurikulum. Bina Aksara.
Jasa Unggah Muliawan. (2015). Ilmu Pendidikan Islam :Studi Kasus Terhadap Struktur Ilmu, Kurikulum, Metodologi dan Kelembagaan Pendidikan Islam. PT Rajagrafindo Persada.
Kutsiyyah. (2019). Pembelajaran Akidah Akhlak. Duta Media.
Mahendra, A, Y. I., Bunyamina, A., & Nengsih, R. (2021). Pengaruh Metode Hypnolearning Terhadap Prestasi Belajar. Education and Learning Journal Vol. 2, No. 1, Januari 2021, Pp. 30-39 E-ISSN 2720-9156, 2(1), 30–39.
Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181.
Rosmiati, R. (2020). Peranan Supervisi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Kota Makassar. Education and Learning Journal, 1(1), 10. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.33
Rusman. (2018). Model-model pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.
Salim dan Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan dan Jenis. Prenada Media Group.
Sri Mulyani, D. (2015). Jurnal Pendidikan Kimia. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dilengkapi Lab Riil dan Virtuil Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi Ipa Semester Genap Sma Negeri 1 Pulokulon Tahun Pe.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Syahid, A., & Bachri, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru MI Mitra PGMI UMI Makassar. 16(1), 23–34.
Wina sanjaya. (2015). Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.308
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0