Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik

khalila nur sakia, A.Bunyamin A.Bunyamin, ANDI FADILAH NASIR, Abdul Wahab

Abstract


Penelitian ini membahas pengaruh kebutuhan guru profesional terhadap minat belajar siswa kelas VIII bidang studi Aqidah Akhlak di MTSN 1 Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini: (1) Pemenuhan minat belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak di MTSN 1 Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. 40 siswa kelas delapan dan 30 guru berpartisipasi dalam penelitian ini. Sampel terdiri dari 70 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi guru terhadap minat belajar siswa kelas VIII bidang kajian akhlak di MTSN 1 Kota Makassar menunjukkan bahwa sebagian besar minat siswa terhadap pembelajaran di MTSN 1 Kota Makassar ada. termasuk dalam kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 31 (77,5%) frekuensi dan 9 siswa (22,5%) termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata siswa di MTSN 1 Kota Makassar sangat berminat untuk belajar. Sebagian besar guru SMK termasuk kategori sangat tinggi (22 (55%)), 4 guru (10%) termasuk kategori tinggi, 1 guru (2,5%) termasuk kategori rendah dan 3 guru (7,5%) termasuk kategori tinggi. . dalam kategori sangat rendah. Nilai rata-rata guru profesional dalam penelitian ini adalah 54,20.Hasil tersebut menunjukkan bahwa rata-rata guru profesional di MTSN 1 Kota Makassar mencapai hasil yang sangat baik. Dari hasil analisis data atau pengujian hipotesis penelitian ini, terlihat bahwa keterampilan profesional guru berhubungan secara signifikan dengan minat belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment, dimana nilai r_hitung 0,46 > r_tabel 0,320. Jika koefisien kepastian (nilai pengaruh guru profesional terhadap minat belajar siswa) adalah 21,6. Terlihat bahwa harga r_hitung lebih tinggi dari harga r_tabel, sehingga hipotesis kerja penelitian ini adalah: “Kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa”. diakui atau dibuktikan.terlihat bahwa keterampilan profesional guru berhubungan secara signifikan dengan minat belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment, dimana nilai r_hitung 0,46 > r_tabel 0,320. Jika koefisien kepastian (nilai pengaruh guru profesional terhadap minat belajar siswa) adalah 21,6. Terlihat bahwa harga r_hitung lebih tinggi dari harga r_tabel, sehingga hipotesis kerja penelitian ini adalah: “Kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa”. diakui atau dibuktikan. terlihat bahwa keterampilan profesional guru berhubungan secara signifikan dengan minat belajar siswa.Hal ini terlihat dari hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment, dimana nilai r_hitung 0,46 > r_tabel 0,320. Jika koefisien kepastian (nilai pengaruh guru profesional terhadap minat belajar siswa) adalah 21,6. Terlihat bahwa harga r_hitung lebih tinggi dari harga r_tabel, sehingga hipotesis kerja penelitian ini adalah: “Kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa”. diakui atau dibuktikan. Jika koefisien kepastian (nilai pengaruh guru profesional terhadap minat belajar siswa) adalah 21,6. Terlihat bahwa harga r_hitung lebih tinggi dari harga r_tabel, sehingga hipotesis kerja penelitian ini adalah: “Kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa”.diakui atau dibuktikan. Jika koefisien kepastian (nilai pengaruh guru profesional terhadap minat belajar siswa) adalah 21,6. Terlihat bahwa harga r_hitung lebih tinggi dari harga r_tabel, sehingga hipotesis kerja penelitian ini adalah: “Kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa”. diakui atau dibuktikan.

 


Keywords


Kualifikasi profesi guru minat belajar Aqidah Akhlak

References


Bakri, F. & Budi, S. (2015). Analisis hasil ujian guru fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Jasmani, 1 (1), 91-96.

Darma, B. (2021). Statistik penelitian menggunakan SPSS (uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji F, R2). Guepedia.

Dudung, A. (2018). profesieco de la instruisto. JKKP (Jurnal Pendidikan dan Kesejahteraan Keluarga), 5(1), 9-19.

Imas Kurniash. (2017). Kualifikasi Berlin San Pedagogical, Jakarta:kata pena

Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Desain:Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2).

M.Quraish Shihab, (2017). Tafsir Ucapan Al-Misbah, Tayangan dan Harmoni Al-Qur'an, Tangerang: Lentera Hati.

Mustofa, A. (2013). Pengujian hipotesis statistik. Rumah Penerbitan Gapura. com.

Nasehudin, TS (2015). Metode Penelitian Kuantitatif.

Nasrum, A. (2018). Uji normalitas data untuk penelitian. Buku Pers Jayapangus, i-117.

Neolak, Amos. (2017) Grace Amalia A, Yayasan Pendidikan: Pengantar Dasar Transformasi Hidup, Jakarta: pt. emas

Rudi Ahmad Suryadi. (2018) Islamische Bildung, Jogyakarta: deeppublish.

Setiawati, O.P., Nyalung, Y.I. kaj Jairi, J. (2019). The Effect of Teachers' Professional Competence on Students' Learning Interests at MTS Negeri 2 Palangka Raya City. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 11 (02), 236-243.

UU RI Tahun Ini 14 (2005). UU Sisdiknas No. 14, Jakarta:cahaya grafis.

Wahyudi, D. (2017). Pengantar keyakinan dan pembelajaran moral. Buku tentang Konstelasi Lintang

Widhiarso, W. (2010). Catatan tentang uji linearitas hubungan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel