Program Budaya Literasi Membaca Al-Qur'an dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur'an (Studi Kasus Peserta Didik di SMAN 3 Pangkep)
Abstract
Penelitian ini membahas Tentang Program Budaya Literasi Membaca Al-Qur'an dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur'an(Studi Kasus Peserta Didik di SMAN 3 Pangkep) penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Program Budaya Literasi Membaca Al-Qur' seorang peserta didik di SMAN 3 Pangkep. 2)untuk mengetahui bagaimana efektivitas dalam program Budaya literasi membaca Al-Qur'an di SMAN 3 Pangkep dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada peserta didik di SMAN 3 Pangkep. 3) untuk mengetahui efektivitas program budaya literasi membaca Al-Qur'an di SMAN 3 Pangkep. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. 4) hasil penelitian program budaya literasi membaca Al-Qur'an dilaksanakan setiap hari rabu da jum'at pada jam 07.15 di lapangan sekolah sekolah. Pelaksanaan budaya literasi membaca Al-Qur'an diawali dengan sholat dhuha berjamaah dan di tutup dengan qultum oleh pembina rohis dan kepala sekolah. Hasil dari efektifitas program budaya literasi membaca Al-Qur'an efektif dengan hasil 78% menggunakan rumus deskriptif presentase. Dengan adanya program budaya literasi membaca Al-Qur'an di SMAN 3 Pangkep membuat peserta didik yang belum lancar mengaji jadi bisa mengaji dengan baik dan benar. Dan juga ada peserta didik yang telah menjadi hafidz dan hafidzah 1-5 juz. Bagi peserta didik yang belum lancar akan mengikuti kegiatan yang dijalankan oleh rohis saat pembelajaran inti telah selesai. Pelaksanaan budaya literasi membaca Al-Qur'an diawali dengan sholat dhuha berjamaah dan di tutup dengan qultum oleh pembina rohis dan kepala sekolah. Hasil dari efektifitas program budaya literasi membaca Al-Qur'an efektif dengan hasil 78% menggunakan rumus deskriptif presentase. Dengan adanya program budaya literasi membaca Al-Qur'an di SMAN 3 Pangkep membuat peserta didik yang belum lancar mengaji jadi bisa mengaji dengan baik dan benar. Dan juga ada peserta didik yang telah menjadi hafidz dan hafidzah 1-5 juz. Bagi peserta didik yang belum lancar akan mengikuti kegiatan yang dijalankan oleh rohis saat pembelajaran inti telah selesai. Pelaksanaan budaya literasi membaca Al-Qur'an diawali dengan sholat dhuha berjamaah dan di tutup dengan qultum oleh pembina rohis dan kepala sekolah. Hasil dari efektifitas program budaya literasi membaca Al-Qur'an efektif dengan hasil 78% menggunakan rumus deskriptif presentase. Dengan adanya program budaya literasi membaca Al-Qur'an di SMAN 3 Pangkep membuat peserta didik yang belum lancar mengaji jadi bisa mengaji dengan baik dan benar. Dan juga ada peserta didik yang telah menjadi hafidz dan hafidzah 1-5 juz. Bagi peserta didik yang belum lancar akan mengikuti kegiatan yang dijalankan oleh rohis saat pembelajaran inti telah selesai. Hasil dari efektifitas program budaya literasi membaca Al-Qur'an efektif dengan hasil 78% menggunakan rumus deskriptif presentase. Dengan adanya program budaya literasi membaca Al-Qur'an di SMAN 3 Pangkep membuat peserta didik yang belum lancar mengaji jadi bisa mengaji dengan baik dan benar. Dan juga ada peserta didik yang telah menjadi hafidz dan hafidzah 1-5 juz. Bagi peserta didik yang belum lancar akan mengikuti kegiatan yang dijalankan oleh rohis saat pembelajaran inti telah selesai. Hasil dari efektifitas program budaya literasi membaca Al-Qur'an efektif dengan hasil 78% menggunakan rumus deskriptif presentase. Dengan adanya program budaya literasi membaca Al-Qur'an di SMAN 3 Pangkep membuat peserta didik yang belum lancar mengaji jadi bisa mengaji dengan baik dan benar. Dan juga ada peserta didik yang telah menjadi hafidz dan hafidzah 1-5 juz. Bagi peserta didik yang belum lancar akan mengikuti kegiatan yang dijalankan oleh rohis saat pembelajaran inti telah selesai.
Keywords
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Ash-Shiddieqy, M. H. (1997). Sejarah dan Pengantar Ilmu al-Quran dan Tafsir, Semarang: PT. Pustaka Rizki Pratama.
Fajrianti Ali, “Efektivitas Taman Baca Terhadap Penguatan Budaya Literasi Peserta Didik di SMA 10 Makassar”, Skripsi (Makassar: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, 2017).
Majid, Z. A. (2019). Refleksi Al-Qur'an Dalam Literasi Global (Studi Tafsir Maudhu’ i Dalam Kajian Literasi). Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam.
Merga, M., & Gardiner, V. (2018). The Role of Whole-School Literacy Policies Supporting Reading Engagement in Australian Schools. English in Australia.
Noeng Muhajir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rakesarasin.
Permatasari, A. (2015, December). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB (Vol. 148). Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Sari, P. A. P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies,
Spradley, J. P. (1979). The ethnographic interview. New York: Rinehart and Winston. Stanford Center for Assessment, Learning, and Equity.(2013). EDTPA questions and answers about NCATE accreditation. http://edtpa. aacte. org/wp-content/up-loads/2013/01/edTPA-QA-about-NCATE-Accreditation-10-12-20121. pdf.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Syafril, M., & Zen, Z. (2019). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Prenada Media.
Tarigan, H. G. (1987). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. (No Title).
Wulandari, D. M. (2021). ..(DAFTAR PUSTAKA BLM ADA, UPLOAD ULANG).. Efektivitas Budaya Literasi Membaca Al-Qur'an sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca Al-Qur'an Siswa di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.341
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0