Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Mulia Mulia

Abstract


Skripsi ini membahas mengenai penerapan Metode Discovery Inquiry dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dimana metode Discovery Inquiry ialah rangkaian metode pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dikemukakan.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode Discovery Inquiry dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama islam dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Liukang Tuppabiring Kabupaten pangkep. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 27 orang yang terdiri dari 10 dari laki-laki dan 17 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Tehnik Analisis data yaitu menggunakan, analisis penilaian dalam proses pembelajaran dikelas dan menilai ulangan tes formatifBerdasarakan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan melalui siklus yang telah dilakukan dengan indikator keberhasilan sebanyak 70 rata-rata nilai pre-test pada  siswa adalah 60,7 dengan presentase 26% rata-rata nilai post-test pada siklus I adalah 67,7 dengan presentase 44% dan rata-rata nilai post-test pada siklus II adalah 80,3 dengan presentase 89%. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar 18% kemudian dari siklus I ke siklus II  meningkat sebesar 45%. Data tersebut membuktikan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dan telah memenuhi indicator keberhasilan kelas yaiyu 70 dengan penerapan metode discovery inquiry.


Keywords


Metode Pembelajaran; Discovey Inquiry; Hasil Belajar

References


Abdul Razak, A., Jannah, F., & Saleh, K. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa di SMK Kesehatan Samarinda. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 1(2), 95–102. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v1i2.1582

Agriyanto, S., Setiawan, I., & Susanta, A. (2021). Representasi Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ruang selama Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 1–14.

Basri, M. E. dan H. (20213). Kewenangan Daerah Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah PAD Kabupaten Bener Meriah. CV. Qiara Media.

Hayati, R. A. dan F. (2020). Variabel Belajar Kompilasi Konsep. CV Pusdikra.

Hermawan. (2020). Metode Pembelajaran Discovey Learning. Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Kholidah, A. M. N. dan L. N. (2013). Metode Dan Tehnik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PT Refika Aditama.

Kunandar. (2018). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Raja Grafindo.

Purwanto. (2020). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Ridwan, A. S. (n.d.). Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830

Setiawan, R. (2017). Penelitian Tindakan Kelas action research. Nuha Medika.

Syahrul, M., & Martini, M. (2018). Penerapan Pendekatan Konseling Rasional Emotif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Ddi Kab. Pangkep. Komunida : Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(1), 51–60. https://doi.org/10.35905/komunida.v8i1.600

Undang-Undang RI No.20 Tahaun2003, R. I. (20118). Tentang sistem pendidikan nasional. Kresna Bina Insan Prima.

Wahab, A., Wasis, W., & Indana, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Komik Pada Materi Sistem Transportasi Makhluk Hidup Untuk Menumbuhkan Minat Baca Dan Meningkatkan Hasil Belajar. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1090. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1090-1099




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel