Penerapan Metode Reward Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII B di SMP Negeri 19 Makassar dimana keadaan peserta didik yang lemah dari segi motivasi belajar sehingga menyebabkan motivasi belajar peserta didik yang diraih menurun, masih banyak peserta didik yang kurang aktif dan merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan reward dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII B di SMP Negeri 19 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kalaboratif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ynag terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tidakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B di SMP Negeri 19 Makassar dengan jumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penelitian dengan adanya penerapan reward membuat peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peserta didik menjadi lebih termotivasi, senang dan lebih percaya diri. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil angket dari Prasiklus hingga ke Siklus I yaitu sebesar 07,05 dimana hasil prasiklus sebesar 53,94 dan Siklus I yaitu sebesar 61,44. Peningkatan juga terjadi saat siklus I menuju Siklus II yaitu sebesar 10,08 dimana hasil angket Siklus I sebesar 61,44 dan siklus II sebesar 72,24.
Keywords
References
Ali Mohammad. (2019). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT Sandiarta Sukses.
ARIANTI, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Furqon, H. S. (2018). Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Bogor: Anggota IKAPI.
Gregorius. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jawa Tengah: Lekeisha.
Hamengkubuwono. (2016). Ilmu Pendidikan dan Teori-Teori Pendidikan. Curup: LP2 Stain.
Hamzah, U. B. (2016). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ika, I., & Bahrudi, D. E. (2022). Macam Variabel Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Komang, S., & Kadek, A. S. (2020). Instrumen Penelitian. Bali: Mahameru Press.
Kunandar. (2018). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Moh, rosyid zaiful, & Aminol, A. rosyid. (2018). reward dan punishment dalam pendidikan. malang: Literasi Nusantara Abadi.
Rahmat, H., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Riinawati. (2021). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Jl. CemaraNo. 16, Condongcatur.
Umar, M., & Feiby, I. (2020). Pendidikan Agama Islam. jawa tengah: CV. Pena Persada.
Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.371
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0