Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan AgamaIslam Kelas V Di Sdn Pampang Kota Makassar

Sari Arfianingsi, Musafir Tahir, M Said P, Abdul Wahab

Abstract


Reward adalah pemberian atau imbalan yang diberikan kepada seseorang sebagai pengakuan atas suatu perbuatan atau perilaku yang baik agar orang tersebut dapat mengulanginya kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pemberian reward kepada peserta didik kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Pampang Kota Makassar; 2) Motivasi belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Pampang Kota Makassar; 3) Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di SDN Pampang Kota Makassar.

Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VA yang berjumlah 34 orang dan VB yang berjumlah 28 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah total 62 orang. Karena seluruh jumlah populasi dijadikan sebagai sampel, maka penelitian ini dapat juga dikatakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, angket (kuesioner) dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik analisis regresi berganda yang dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 29.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel hadiah dan variabel senyuman/tepukan berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di SDN Pampang Kota Makassar, sedangkan variabel pujian tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di SDN Pampang Kota Makassar. Koefisien determinan dalam penelitian ini sebesar 0,191 yang berarti bahwa variabel pemberian reward memberikan sumbangan pengaruh sebesar 19,1% terhadap motivasi belajar peserta didik.

Keywords


reward;motivasi belajar

References


Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4).

Andesta, D. (2018). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 4(1).

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1).

Hendriana, H., Afrilianto, M., & Sumayyah, D. (2014). Panduan bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas: suatu karya tulis ilmiah.

Kholifah, W. T. (2020). Upaya guru mengembangkan karakter peserta didik sekolah dasar melalui pendidikan ramah anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1).

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2).

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2).

Nurhamidah, I. (2018). Problematika kompetensi pedagogi guru terhadap karakteristik peserta didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS.

Nuryadi, N., Astuti, T. D., Sri Utami, E., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statstk Penelitan. Sibuku Media.

Peace, G. R., Visel, J., & Sibarani, H. F. B. (2018). Pengaruh pemberian insentif terhadap efektivitas kerja karyawan pada server pulsa easytronik srb ponsel tanjung morawa. Journal of Management Science (JMAS), 1(2, April).

Pohan, J. E. (2019). Filsafat Pendidikan: Teori Klasik Hingga Postmodernisme dan Problematikanya di Indonesia. Depok: Rajagrafindo Persada.

Purnomo, H., & Abdi, H. K. (2012). Model Reward dan Punishment Perspektif Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Puspitasari, E. (2016). Pendekatan pendidikan karakter. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2).

Raihan, R. (2019). Penerapan Reward dan Punishment dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa SMA di Kabupaten Pidie. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(1).

Rosyid, M. Z. (2018). Reward & punishment dalam pendidikan. Literasi Nusantara.

Sihabudin, D. W., Mulyono, S., Kusuma, J. W., Arofah, I., Ningsi, B. A., & Saputra, E. (2021). Ekonometrika Dasar Teori dan Praktik Berbasis SPSS. Jawa Tengah: CV Pena Persada.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS.

Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA. Www. Cvalfabet@ Yahoo. Com.

Wahab, R. (2018). Psikologi Belajar (1st ed.). Rajawali Pers.

Widana, I. W., & Muliani, N. P. L. (2020). Uji persyaratan analisis. Klik Media.

Widodo, W. (2019). Metodologi penelitian populer & praktis [Popular & practical research methodologies]. Depok: Rajawali Pers.

Yuandari, E., & Rahman, R. T. A. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. Bogor: In Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel