Pengaruh perilaku peserta didik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI di kelas XI IPA SMA Negri Khusus Keberbakatan Olahraga Makassar
Abstract
Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui apa arti perilaku siswa terhadap seberapa baik mereka mempelajari mata pelajaran PAI di kelas XI IPA SMA Negeri Makassar untuk Unique Skilled Games.
Beberapa faktor, termasuk variabel tingkah laku siswa, dapat berdampak pada siswa. Separuh dari siswa Kelas XI IPA SMA Negri Bakat Permainan Luar Biasa Makassar masih berlaku tidak jujur, tidak menghargai gurunya, dan saling mengejek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh siswa terhadap prestasi belajar PAI dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMANKO.
Dari Walk 31 hingga 31 Mei 2023, tinjauan ini dilakukan di Unique Secondary School for Sports Skill. Penelitian ini menggunakan pemeriksaan kuantitatif sebagai strategi eksplorasi. Untuk menguji hipotesis dalam survei ini digunakan penilaian backslide langsung yang jelas. Studi ini menggunakan strategi kuantitatif yang unik. Penulis juga menggunakan metodologi penelitian. Jajak pendapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang responden yang diingat untuk menangani populasi tertentu dalam penelitian teknik ikhtisar. Dari seluruh masyarakat, 49 orang ikut serta dalam tinjauan ini.
Berdasarkan tes terukur yang berbeda dari perilaku dan prestasi siswa, penelitian menemukan bahwa 66,47% dari perilaku siswa dan 68,01% dari prestasi siswa ditemukan. Persamaan Y = 5,076 + 0,833X ditemukan dengan menggunakan regresi linier sederhana, uji t ditemukan t hitung 15,511 > t tabel 2,012, dan sig adalah hasil penelitian yang didasarkan pada analisis data dan pengujian hipotesis. Koefisien uji jaminan adalah 0,837 atau 83,7 persen, dan 0,001 0,05 H1 diakui. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa koefisien jaminan (R2) bernilai 0,837 atau 83,7 persen. Hal ini menunjukkan bahwa cara berperilaku siswa kelas XI IPA SMANKO Makassar memberikan kontribusi sebesar 83,7 persen terhadap prestasi belajarnya. Selain itu, faktor selain perilaku siswa mempengaruhi kelebihan 16,3%.
Keywords
References
Al-Qur’an Al-Karim.
Abu Ahmadi, Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Bina Aksara, 2013).
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2016).
Abu Ahmadi dan Widodo Suoriyono, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta,
.
Ade Sasmita, Pengaruh Perikalu Siswa Terhadap Prestasi Belajar PAI di SMP N 6 Banda Aceh (Universitas Islam Ar-Raniri Banda Aceh, 2018).
Agus Eko Sujianto, Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0, (Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya, 2014).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta:
Balai Pustaka, 1990).
Duwi Prayitno, SPSS Handbook, (Yogyakarta: MediaKom, 2016).
Dimyanti dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013).
Hartono, Statistik Untuk Penelitian, (Pekanbaru: Pustaka Pelajar, 2014).
HJ. Aminah, Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas
IX-A Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil di SMP Negeri 10 Mataram (Jurnal Ganec Swara, Vol. 11 No.1 Maret 2017).
Imam Malik, Al-Muwatha’, Juz’ II, (Mesir : Darul Ihyail Qutub Arabiya Isa Al-Baby
Al-Halaby Wasyirkah, 1991).
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.387
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0