Penerapan Modul Pembelajaran Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik ROHIS.

Nurul Maghfirah, Nashiruddin Pilo, Ahmad Razak

Abstract


Skripsi ini membahas mengenai bagaimana penerapan modul pembelajaran tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada kegiatan ekstrakurikuler ROHIS peserta didik SMA Negeri 13 Makassar serta bagaimana hasil dari penggunaan modul setelah penerapan modul pembelajaran tahsin Al-Qur’an pada kegiatan ekstrakurikuler ROHIS SMA Negeri 13 Makassar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik pada kegiatan tahsin dengan menerapkan modul pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler ROHIS peserta didik SMA Negeri 13 Makassar.  Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu seluruh pengurus akhwat ROHIS SMA Negeri 13 Makassar sebanyak 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes belajar peserta didik pada prasiklus memperoleh nilai rata-rata 64,66% dan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 74,33% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 90,33%. demikian pula dengan ketuntasan belajarnya sebesar 23% pada prasiklus, dan meningkat menjadi 53% pada siklus I dan 97% pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi peserta didik pada siklus I yaitu sebesar 68,88% dan pada siklus II sebesar 91,11%.

Keywords


ModulPembelajaran; Tahsin; Kemampuan Membaca Al-Qur’an

References


Al-Qur’an Al-Karim

Abdulhak, I., & Suprayogi, ugi. (2013). Penelitian tindakan dalam pendidikan nonformal. Jakarta: Rajawali Pers.

Abdullah, N. (2020). Pengembangan Model Pembinaan Tahsin Qira’ah Al-Qur’an Berbasis Paikem Pada Mahasiswa. 11(1).

Annuri, A. (2015). Panduan Tahsin Tilawa Al-Qur’an & Pembahasan Ilmu Tajwid. Jakarta Timur.

Hamka. (1982). Tafsir Al-Azhar Jilid 10. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD.

Hasanah, & Hasyim. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal At-Taqaddum, 8(1).

Jalaluddin. (2011). Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Pers.

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (Cet. X). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pilo, N. (2019). Pemikiran Pendidikan K.H.Muhammad Hasyim Asy’ari. Ilmiah Islamic Resources FAI-UMI Makassar, 16(2).

Qowin, A. N. (2019). Internalisasi Karakter Qurani dengan tartil Al-Qur’ani. Jurnal Pendidikan Agama, 2, No.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Fajar Interprtama.

Sari, A. dia P. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika.

Subyantoro. (2020). Penelitian Tindakan Kelas: Metode, Kaidah Penulisan, dan Publikasi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Suharman. (2018). Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1).

Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wardani, D. K., Rawinda, R. F., & Ashoumi, H. (2021). Pengaruh penerapan modul qur’an hadits terhadap hasil belajar peserta didik kelas x MA Islamiyah Kepung Kediri. Vol. 6, No.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel