PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Penerapan metode Snowball Throwing untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama islam kelas V di SDN 032 Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Snowball Throwing untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN 032 Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar . 2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan metode Snowball Throwing untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN 032 Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar . Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 032 Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil observasi dan hasil wawancara sebagai data primer, serta tes hasil belajar sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah Kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Snowball Throwing dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V Rata-rata motivasi belajar Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 78,54% dengan kate gori baik dan pada siklus II berada dalam kategori baik sekali dengan nilai rata sebesar 82,27%. Cara meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menggunakan Snowball Throwing dengan membagi kelompok peserta didik menjadi kecil , memberikan peserta didik untuk melempar bola yang berisi pertanyaan dan menjawab dengan kalimatmereka sendiri.
Keywords
References
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Sinar Grafika Offset.
Bunyamin, A., Akil, M., & Hastia. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di MAN Gowa.
Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara.
Haidir, & Salim. (2019). Penelitian Pendidikan Metode Pendekatan dan Jenis. Prenada Media Group.
Hardiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi dan Fokus Group. Rajagrafindo Persada.
Husen, M. Y. (2020). Belajar Aktual dengan Snowball Throwing Teaching. Jejak Publisher.
Ida, R. C. (2021). Pembelajaran koperatif tipe Snowbal Thorowing. Kun Fayakun.
Iskandar. (2022). Metode Penelitian Dakwah. Penerbitan Qiara Media.
Mahendra, M. (2018). Penggunaan Snowball Throwing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Dikdas Bantara, 1.
Mu’allim. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Ganding Pustaka.
Nugraha, F. S., & Dahwadin. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. cv Mangku Bumi Media.
Rosaliza, M. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif. Ilmu Budaya, 11.
Sanjana, W. (2008). Pembelajran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kencana.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pers.
Syahid, A., & Bakhri, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru MI Mitra PGMI UMI Makassar. Pendidikan, 16.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.403
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0