Implementasi Model Kooperatif Tow Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SD Inpres Bangkala II Kecamatan Manggala Kota Makassar

Rifaldi Kamboja, Andi Bunyamin, Surani Surani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model Kooperatif Two Stay Two Stray dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kelas V B di SD Inpres Bangkala II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V B SD Inpres Bangakala II Kota Makassar dengan jumlah 23 siswa. Instrument yang dipakai adalah observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap pendidik dan peserta didik, wawancara akan dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, dan tes yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk pilihan ganda dan terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil belajar siswa meningkat. Pada mulai tahap prasiklus dengan nilai rata-rata 70,86 dengan persentase ketuntasan belajar hanya 30% kemudian pada siklus I dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71,73 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 48%, dan nilai tersebut mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,47 dan persentase ketuntasan hasil belajar 86%. Data tersebut membuktikan bahwa dengan mengimplementasikan model Kooperatif Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Implementasi, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar.

References


delMas, R. C. (2002). Statistical literacy, reasoning, and learning: A commentary. Journal of

Statistics Education, 10(3). https://doi.org/10.1080/10691898.2002.11910679

Donnelly, R., & Fitzmaurice, M. (2005). Modules for learning. Emerging Issues in the Practice of

University Learning and Teaching, 0–20.

Gal, I. (2002). Adults’ statistical literacy: meanings, components, responsibilities. International

Statistical Review / Revue Internationale de Statistique, 70(1), 1.

https://doi.org/10.2307/1403713

Goodall, G. (2005). Teaching statistics. In Teaching Statistics (Vol. 27, Issue 1).

https://doi.org/10.1111/j.1467-9639.2005.00187.x

Moore, D. S. (1997). New pedagogy and new content: the case of statistics. International

Statistical Review / Revue Internationale de Statistique, 65(2), 123.

https://doi.org/10.2307/1403333

Schield, M. (2004). Statistical literacy curriculum design. Curricular Development in Statistics

Education, 54–74.

http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.144.8102&rep=rep1&type=pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel