Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V B SDN 2 Pampang Kota Makassar
Abstract
ABSTRAK
Dalam pengalaman yang tercipta di kelas V B Madrasah Ibtidaiyah SDN 2 Pampang Kota Makassar, pengembangan umumnya berpusat pada pendidik sehingga pengalaman berkarya masih bersifat mubazir. Kenyataan ini, ketika siswa mendapatkan materi tertentu, mereka umumnya akan mengalami kejenuhan dalam belajar karena cara penyampaian materi merupakan teknik yang kurang standar. Dengan demikian, hasil belajar siswa tetap rendah karena siswa kurang terdorong untuk mengikuti pengalaman pendidikan. Jika mendukung pembelajaran tidak berulang-ulang maka akan menemukan keberhasilan.
Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Model Make A Match dalam Peningkatan Lebih Lanjut Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kelas V B Madrasah Ibtidaiyah di SDN 2 Pampang Kota Makassar. Mewujudkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a match dalam pembelajaran Mata Pelajaran PAI V B SDN 2 Pampang Kota Makassar
Konsekuensi dari tinjauan ini Jika pengaturan yang mendasarinya diikuti, model bantuan Create A Match dapat lebih mengembangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Diklat Islam kelas V B SDN 2 Pampang Kota Makassar. Kajian ini menggunakan Investigasi Gerakan Homeroom (Kendaraan) yang terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pra-siklus diselesaikan satu kali dalam suatu pertemuan yang pengalaman berkreasinya dilakukan sambil dituntaskan oleh guru mata pelajaran Islam yang tinggal di sekolah. Siklus I diadakan 2 kali pertemuan, untuk pertemuan instruktif dengan pendekatan pembelajaran Make A Match dan siklus II yang merupakan penyempurnaan dan penguatan dari siklus I.
Â
Â
Keywords
References
Al-Qur’an Al-Karim.
Abu Ahmadi, Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Bina Aksara, 2013).
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2016).
Abu Ahmadi dan Widodo Suoriyono, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta,
.
Ade Sasmita, Pengaruh Perikalu Siswa Terhadap Prestasi Belajar PAI di SMP N 6 Banda Aceh (Universitas Islam Ar-Raniri Banda Aceh, 2018).
Agus Eko Sujianto, Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0, (Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya, 2014).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta:
Balai Pustaka, 1990).
Duwi Prayitno, SPSS Handbook, (Yogyakarta: MediaKom, 2016).
Dimyanti dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013).
Hartono, Statistik Untuk Penelitian, (Pekanbaru: Pustaka Pelajar, 2014).
HJ. Aminah, Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas
IX-A Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil di SMP Negeri 10 Mataram (Jurnal Ganec Swara, Vol. 11 No.1 Maret 2017).
Imam Malik, Al-Muwatha’, Juz’ II, (Mesir : Darul Ihyail Qutub Arabiya Isa Al-Baby
Al-Halaby Wasyirkah, 1991).
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.445
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0