Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN I Karossa
Asnidar Asnidar, Mustamin Mustamin, Said P Said P
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karossa. Penelitian ini bertujuan: (1) bagaimana pengaruh kompetensi guru terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karossa, (2) bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karossa. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 103 orang. Sampel pada penelitian sebanyak 51 orang yaitu semua peserta didik kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket untuk variabel kompetensi guru dan motivasi belajar peserta didik. Teknik analisi data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan analisis regresi linear berganda.Berdasarkan hasil uji SPSS dalam penelitian ini dapatkan kita simpulkan bahwa pengaruh variabel (X) ke variabel (Y) secara parsial: (1) Variabel kompetensi pedagogik guru diperoleh nilai signifikansi > 0.05 yakni 0.306 > 0.05 dan nilai > yakni 1.036 < 2.012. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikansi secara parsial kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karossa. (2) Variabel kompetensi kepribadian guru diperoleh nilai signifikansi > 0.05 yakni 0.206 > 0.05 dan nilai > yakni -2.307 < 2.012. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikansi secara parsial kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karossa. (3) Variabel kompetensi sosial guru diperoleh nilai signifikansi > 0.05 yakni 0.524 > 0.05 dan nilai > yakni -0.643< 2.012. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikansi secara parsial kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karossa. (4) Variabel kompetensi profesional guru diperoleh nilai signifikansi > 0.05 yakni 0.966 > 0.05 dan nilai > yakni -0.043 < 2.012. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan tidak terdapat pengaruh signifikansi secara parsial kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Karossa. Adapun pengaruh secara simultan (uji-F) diperoleh nilai signifikansi < 0.05 yakni 0.239 < 0.05 dan diperoleh nilai dan yakni 1.430 > 2.41. Ini menunjukkan bahwa ditolak dan diteima. Nilai R square sebesar 0.113 atau 11.3% selebihnya di pengaruhi variabel lain sebesar 88.7%.
Keywords
Teacher Competence, Learning Motivation, Islamic Religious Education
References
Departemen Agama RI. (2014). Al Quran Terjemahnya dan Tajwid. jawa barat. Sygma Examedia Arkanleema.
M. Quraish Shihab. (2006). Tafsir Al-Misbah. Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Volume XIV,. Jakarta. Lentera Hati.
Rahmadi. (2011) Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin. Antasari Press.
Republik Indoneisa. (2012) Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Cet 1. Yogyakarta. Grha Guru.
Sandi Siyoto. M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta.Literasi Media Publishing.
Tasrif. (2021). Pendidikan Keguruan Landasan Kerja Guru Milenial. Cet. 1.Jakarta. Kencana.
DOI:
http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.481
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0