Implementasi Model Cooperative Learning tipe debat dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII.C pada mata pelajaran Agama Islam Di SMPN 16 Mandai Kabupaten Maros

Kanti Lestari, Abdul Rauf Assagaf, Surani Surani

Abstract


Prestasi belajar merupakan hasil dari suatu kegiatan pembelajaran yang disertai perubahan yang dicapai oleh seseorang (Peserta Didik) yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf maupun kalimat sebagai ukuran tingkat keberhasilan peserta didikdengan standaritas yang telah diterapkan dan menjadi kesempurnaan bagi peserta didik baik dalam berpikir maupun berbuat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Agama Islam dengan menggunakan Model pembelajaran Cooperative Learning tipe debat di kelas VIII.C SMPN 16 Mandai Kabupaten Maros.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing melalui empat tahapan. Yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII.C SMPN 16 Mandai Kabupaten Maros sebanyak 31 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 14 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara.

Hasil penelitian dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe debat dikelas VIII.C. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas belajar peserta didik siklus I memperoleh skor rata-rata 3,9 atau 78%. Sedangkan hasil observasi aktivitas belajar peserta didik pada siklus II meningkat dengan skor rata-rata 4,8 atau 96% dari jumlah keseluruhan peserta didik. Berdasarkan hasil tes pada Pra-siklus memperoleh nilai rata-rata 67,41 dan pada Siklus I meningkat dengan rata-rata 75,80 dan pada siklus II meningkat lagi dengan perolehan nilai rata-rata 89,35. Demikian pula dengan ketuntasan belajarnya pada tahap Pra-siklus memperoleh nilai persentase 35%, pada siklus I meningkat dengan persentase ketuntasan 71%  dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 100%.

 

 


Keywords


Mode Cooperative, tipe debat,Prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya. Kementrian Agama RI.

Anwar, Desi. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Surabaya: PT Amelia, 2012).

Abdillah, Said. Motivasi Dan Pembelajaran Agama Islam. (Jawa Tengah: CV Mangku Bumi Media, 2019).

Ahmad syahid dan syamsul bachri. “Pengaruh kompetensi guru, motivasi berprestasi dan budaya organisasi terhadap kinerja mengajar Guru MI Mitra PGMI UMI Makassar.†Jurnal ilmiah Islamic resources, (Vol, 16, No.1, 2019).

Ahmad syahid dan syamsul bachri. “ penerapan model pembelajaran kooperatif tipe word square untuk meningkatkan hasil belajar, education and learning jurnal, ( Vol, 01, No. 1, 2021¬).

Firdianti, Arinda. Implementasi Management Berbasis Sekolah. (Yogyakarta: CV Gre Publishing, 2018).

Faturrahman, Muhammad. Model-model pembelajaran inovatif. (Cet II; Yogyakarta: Ar-Ruz media, 2016).

Ghanoe ,MD. Seni Memenangkan Debat. (Yogyakarta: Araska, 2020).

Hasan, Nur " Peningkatan, Penerapan Debat Aktif Until Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar PAI Kartika Grati kab.Pasuruan". Jurnal islamic education (Vol. 4 No. 2, 2019).

Kusnadi. Metode Pembelajaran Kolaboratif. (Jawa barat: EDU Publisher, 2018).

Mauluddina, Luluk. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tips Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS SDN 2 Kalibening, Skripsi (Metero: Institut Agama Islam (IAIN), 2019).

Muhammad zein Iqbal suherwin, herly dayanti, Pembelajaran debat. (Jakarta: Guepedia, 2020).

Rosyid, Moh Zaiful. Prestasi Belajar. (Malang: Literasi Nusantara, 2019).

Safithry, Aryani Esty. Asesmen Tennis Tes Dan Non Tes. (Malang: CV IRDH, 2018).

Siregar, Sari Rosmita. et.All. Dasar-Dasar pendidikan. (Yayasan kita menulis, 2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0