Implementasi Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Dahlia Dahlia, ahmad hakim, Nurlaelah Nurlaelah

Abstract


Penelitian ini mengkaji mengenai hasil belajar peserta didik di kelas V SDN Panaikang Kabupaten Gowa, karena dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode yang konvensional. Maka dari itu, peneltian ini mengkaji mengenai 1) Bagaimana implementasi metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN Panaikang Kabupaten Gowa? 2) Bagaimana efektivitas metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN Panaikang Kabupaten Gowa?Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V yang berlokasi di SDN Panaikang Kabupaten Gowa. Objek penelitiannya adalah implementasi metode role playing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, dan analisis data menggunakan rumus berikut: Untuk mencari nilai rata-rata = Mx= Untuk mencari nilai presentase = P =  x 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dikategorikan tinggi, karena mengalami perubahan dari pra siklus ke siklus I kemudian siklus II. Pada tahap pra siklus siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 9 orang, dan tidak tuntas sebanyak 21 orang dengan nilai rata-rata sebesar 66,17 dan presentase sebesar 30%, kemudian pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 21 orang dengan nilai rata-rata sebesar 72,83 dengan nilai persentase 70% dan kemudian pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 28 orang, dan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang dengan nilai rata-rata 81,17.

 


Keywords


Implementasi, Role Playing, Hasil Belajar

References


Ahdar Djamaludin. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kopetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan : CV. Kaafah Learning Center.

Anas Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2).

Hamzah B Uno. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek Yang Mempengaruhi. Jakarta Bumi Aksara.

Hasyim dan Nia Siska Mauliana. (2022). Pengaruh metode role playing Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiah. Jurnal Ibtida, 03(02), 165.

Mahendra, Y. I., Bunyamin, A., & Nengsih, R. (2021). Education and Learning Journal Pengaruh Metode Hypnolearning Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTS. Darussalam Impa-Impa. 2(1), 30–39.

Raehana, S., & Syahrul, M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri ’ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1(1), 1–7.

Rosyid, M. Z. (2019). Prestasi Belajar. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Sampurno, B., Ahmad, A., & Belo, S. (2022). Efektifitas Pendidikan dan Dakwah Wasathiyah Melalui Majelis Taklim di Kota Makassar [Studi Pada BKMT Kecamatan Tallo]. Education and Learning Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.131

Saur. (2014). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Banjarmasin : Comdes Kalimantan.

Syahid, A., & Bachri, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education and Learning Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.32

Wiroso, B. (2021). Metode role playing dalam memerankan isi fabel. Jawa Timur: Kun Fayakun.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0