Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together Dalam Meningkatkan Maharah Al-Kalam MA Syekh Yusuf Sungguminasa

Azzah Fadiyah Nurfadhilah Fahman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk  mengetahui bagaimana penerapan dan efektivitas penerapan model pembelajaran number head together dalam  meningkatkan mahᾱrah al-kalᾱm pada siswa kelas XI MA Syekh Yusuf Sungguminasa. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas  XI IPA MA Syekh Yusuf Sungguminasa, yang berjumlah 29 orang peserta didik. Ada 4 teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi,wawancara, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk teknis analisis data menggunakan teknis analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari pra tindakan sampai dengan siklus II. Kemampuan mahᾱrah al-kalᾱm peserta didik dapat dilihat  dari peningkatan rata-rata pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata sebelum pada pra tindakan yaitu sebesar 50,82, nilai kategori rendah. Kemudian nilai rata-rata yang diperoleh siklus I, yaitu sebesar 70,86, nilai kategori baik dan nilai rata-rata di siklus II yaitu, 90,72, nilai kategori Tuntas. Dari hasil siklus I ke siklus II dapat kita lihat terjadi peningkatan selama proses pembelajaran menggunakan model number head together. Adapun efektivitas penerapan model number head together adalah 88% sebagaimana hasil perhitungan yang mencapai kategori efektif dalam menggunakan model number head together.


Keywords


Penerapan; Maharah Al-Kalam; Number Head Together

References


Ansar, Isnaeni, S., Julia, & Hafida, N. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.235

Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179–196. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181

Hartanto, E. B. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran Pantomim Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara (Maharah Kalam). Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 132–138. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i2.821

Kholis, N., & Darussalam Lampung, S. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 2(1), 69–88. https://doi.org/10.25217/ji.v2i1.76.69-88

Muharamsyah, D., Hardhienata, S., & Entang, M. (2017). Penerapan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Think Pair Square (TPS) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara dan Menulis Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X SMA Terpadu Al-Ma’shum Mardiyah Cianjur. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 4(1), 27–37. https://doi.org/10.33751/jmp.v4i1.416

Nabilah, G. A. (2021). Pengaruh Efektivitas Metode Fun Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas IV di SD Islam Nurul Jihad. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 149–157. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4286

Pendidikan, J., & Islam, A. (n.d.). SKRIPSI PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 PUNGGUR Oleh: MELISA SEPTIANI NPM. 1398851.

Rahmawati, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Di SDN 1 Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. In ×”×רץ (Vol. 5, Issue 3).

RI, K. A. (2017). Al-Qur’an dan Terjemahanya (Mekkah Qur).

Siregar, F. A. (2012). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3379

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning Model). CV. Eruka Media Aksara.

Surani, S., Bahtiar, I., & Assegaf, A. R. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII C pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, 3(2), 84. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.151

Syamaun, N. (2015). Pembelajaran Maharah al-Kalam untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. LISANUNA Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 4(2), 343–359. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/412

Zainal, A. Q., & Ansar, A. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.135

Zakaria, Y. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas …. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD …, 4(1), 64–73. http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=81076




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0