Efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak peserta didik.

M. haerul Pausil Hakim, Akhmad Syahid, Andi Banna, Abdul Wahab

Abstract


Adapun yang dibahas dalam penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone.
            Adapun tujuan penelitan ini untuk mengungkapkan yaitu: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam Pembinaan akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Sibulue 2. Untuk mengetahui akhlak peserta didik terhadap gurunya dan menghormati gurunya di SMP Negeri Sibulue.
            Adapun jenis penelitian menggunakan peneltian kombinasi (mixed methods). Pendekatan penelitian kombinasi adalah menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif baik aspek dari teknik.
            Peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan cara Observasi, wawancara,dokumentasi dan angket. Sedangkan tekhnik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu, berupa seluruh data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati.
            Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam sudah berjalan dengan baik dapat dilihat dari keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan sebagian besar siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru pendidikan agama Islam. Namun, masih terdapat sebagian kecil siswa yang tidak memahami materi yang diajarkan oleh guru pendidikan agama islam. Adapun faktor pendukung adalah kurikulum, guru, orang tua dan peseta didik, sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya pengawasan orang tua, kurangnya keteladanan dari guru. Solusinya adalah orang tua perlu meningkatkan pengawasan peserta didik ketika berada di rumah, perlu kerja sama orang tua dan guru dalam pembinan akhlak, perlu rapat antara kepala sekolah dan dewan guru setiap bulan untuk mengetahui tingkat pembinaan guru terhadap peserta didik.
           Berdasarkan hasil tabel rekapitulasi jawaban angket tentang Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Kelas VIII A di SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone diketahui bahwa pilihan jawaban presentase yang diperoleh menghasilkan presentase ke-fektifan mencapai (80%)  untuk mengetahui dari hasil (80%).

Berdasarkan hasil dari tabel rekapitulasi dan hasil perhitungan menggunakan rumus presentase, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Kelas VI II A di SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone. “Efektif” karena angka presentase akhir yang diperoleh (80%) yang berada pada interval 61%-80%.

Salah satu faktor utama keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas. Hal ini juga disampaikan oleh Pak Laonding S.Pd, selaku guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.


Keywords


Efektivitas, Pendidikan Agama Islam, Pembinaan, Akhlak

References


Bahtiar, I., & Rauf Assegaf, A. (2022). Education and Learning Journal Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII C pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. 3(2), 84–90. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2

Bauana Sari, S. E. A. (2021). Pembinaan Akhlak Pada Remaja. Bandung:Guepedia.

Dahwadin, F. S. N. (2019). Motivasi Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jawa Tengah: CV Mangku Bumi Media.

Hamzah B Uno. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek Yang Mempengaruhi. Jakarta Bumi Aksara.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Karwono, H. M. (2018). Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mahendra, Y. I., Bunyamin, A., & Nengsih, R. (2021). Education and Learning Journal Pengaruh Metode Hypnolearning Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTS. Darussalam Impa-Impa. 2(1), 30–39.

Muhaimin. (2005). Pengembangan Kurikulum Agama Islam Di Sekolah, Madrasah Dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Muhit, M. (2022). Akhlak Al-Karimah (Membina Kepribadian Terpuji). Jakarta: Guepedia.

Noor, M. (2019). Guru Profesional dan Berkualitas. Semarang:ALPRIN.

Raehana, S., & Syahrul, M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri ’ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1(1), 1–7.

Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Beriorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi. Bandung:.Alfabeta.

Suryanto. (2014). Pendidikan Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.

Triwiyanto, T. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel