Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament dalam Meninkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas XI IPA 3 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Mutawaffika Mutawaffika

Abstract


Model pembelajaran TGT adalah sebuah pembelajaran dengan menerapkan strategi kelompok tipe model pembelajaran ini melibatkan semua aktifitas siswa tanpa membedakan status sosial,  satu kelompok untuk model pembelajaran TGT biasanya beranggotakan 5-6 orang kemudian, pada tiap kelompok akan memiliki angota dengan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagiamana keaktifan serta kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan serta mempertanggung jawabkan tugas yang diberikan sehingga dengan hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI IPA 3  di SMAN 10 Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 3 di SMAN 10 Makassar dengan jumlah 29 peserta didik yang terdiri 8 laki–laki dan 21 perempuan. Instrument yang dipakai adalah observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap peserta didik SMAN 10 Makassar, wawancara akan dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada guru bidng studi Pendidikan Agama Islam dan beberapa pesrta didik XI IPA 3, dan berupa tes awal dan tes akhir bentuk pilihan ganda sebanyak 5 butir soal dan essai 5 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui tiap siklus yang telah dilakukan. pada nilai rata-rata post-test siklus I yaitu 54,8% dan mengalami peningkatan di nilai rata-rata post-test pada siklus II yaitu 100%. Data tersebut membuktikan bahwa hasil belajar peserta didik dapat meningkat setelah diterapkannya metode Teams Games Tournament dalam proses pembelajaran.

Keywords


Model Pembelajaran; Teams Games Tournament; Hasil Belajar.

References


Assingkily Muhammad Sholeh, Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Penerbit KMedia, 2021).

Amanah Dessy, Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams

Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Pendidikan

Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Metro, (Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 2017).

Atep Adya Barata, Dasar-dasar Pelayanan Prima, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2019).

Fuadi Ahmad, Pengantar Pendidikan,(Jawa Timur: Dotplus Publisher,2021).

Fuadi Muhammad, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Bengkalis-Riau: Dotplus Publisher, 2021).

Firdianti Arnda, Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, Yogyakarta: CV. GRE Publishing, 2018).

Hanifah Nurdinah, Memahami Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Apliksinya, ( Bandung : Upi Press, 2014).

Hariyanto Agus, Team Games Tournamen (TGT) dan Jigsaw, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019).

Kementrian Agama Republk Indonesia, Mushaf Al-Qur‟an Terjemahan. (Jakarta: CV. Pustaka Jaya Ilmu, 2014 ).

Kunandar, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1998).

Kusniadi Edi, Metodologi Penelitian Aplikasi Praktis, (Jakarta: Ramayana, 2005).

Muljono Pudji, Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan, (Jakarta: PT Grasindo, 2012).

Mudrika Saringatun, Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Teori Dan Implementasi, (Yogyakarta: CV. Pradina Pustaka Grup, 2021).

pahleviannur Muhammad Rizal, penelitian tindakan kelas,(sukoharjo: pradina pustaka, 2022).

Rafika Resi Yulia, Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Card Sort Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Ikhwanul Djauhariah, ( Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu).

Romanda Adang, Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament

(TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas di MI Al- Fajar Fringsewu ( Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2016).

Republik indonesia, Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, ( Bengkalis-Riau: Dotplus Publisher, 2021).

Razak Firda, Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Ular Tangga, (Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media, 2022).

Theresia Dwi Korayanti Penerapan Model Prmbelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk meninkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Negeri Mancasan Gamping Sleman Yogyakarta ( Skripsi: Univesitas Negri Yogyakarta, 2013)

Usman Ariswan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Division (STAD) dan Teams Games Tournamen (TGT), (Papua: CV Azka Pustaka, 2022).

Widianti Endang, Teams Games Turnamen (TGT) Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Materi Kerajaan Hindu Dan Budha Di Indonesia, (Jawa Timur, Kun Fayakun Anggota Ikapi, 2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0