Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Bermain Peran

Ahdini Aida Safitri, Subaedah Subaedah, Subaedah Subaedah, Akhmad Syahid, Akhmad Syahid

Abstract


Penelitian ini membahas tentang “Upaya meningkatkan motivasi beajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak melalui metode bermain peran kelas V di MIN 2 Daya Makassar†Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran aqidah akhlak di kelas V MIN 2 Makassar, 2) penggunaan metode  bermain peran  mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik  pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas V di MIN 2 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berlokus pada peserta didik kelas V MIN 2 Daya Makassar. Teknik pengumpul data  yang digunakan adalah  wawancara, observasi, test, dan dokumentasi. Data diperoleh dari hasil wawancara, obesrvasi yang masuk dalam data primer, test sebagai hasil belajar dijadikan data pendukung dalam melihat peningkatan motivasi belajar peserta didik. Dalam analisis data digunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar melalui metode bermain peran pada peserta didik. Rata-rata mengalami peningkatan persiklus, 30.1%. Siklus I dari 20.4% menjadi 30,09%, siklus II ada pada kategori sedang. Adapun rata-rata hasil test dari pra perlakuan sebesar 29 dengan kategori kurang meningkat menjadi 40.3% kategori kurang pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi 50.81% dengan kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode bermain dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran akidah akhak kelas V MIN 2 Daya Makassar.

Keywords


Motivasi Belajar; Metode Bermain; Bermain Peran.

References


A.M., S. (2018). Interaksi & motivasi belajar-mengajar. Depok: Rajawalil Pers.

Aidid, E. (2020). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE RESITASI. Madiun: CV. Bayfa Cendekia.

Arief, A. (2002). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam. Jakarta: Ciputat Press.

AS, A. (1994). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafindonesiao Persada.

Bachtiar, M. Y. (2017). INTERPERSONAL PADA ANAK KELAS A DI TK BUAH HATI KOTA MAKASSAR.

Damayanti, D. (2017). Jurus Sakti Menjadi Pendidik Humoris Berkarakter Mulia Dan Berkepribadian positif. Yogyakarta: Araska Publisher.

Dewa Putu Yudhi Ardiana, d. (2021). Metode Pembelajaran Pendidik. Yayasan Kita Menulis.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayana, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Joenaidy, A. M. (2018). Pendidik Asyik, Murid Fantastik. Yogyakarta: DIVA Press.

Khoirotun, Umi. (2012). EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK USIA PRA-SEKOLAH.

Lufri. (2020). METODOLOGI PEMBELAJARAN: STRATEGI, PENDEKATAN, MODEL, METODE PEMBELAJARAN. Malang: CV IRDH.

Mulyadi, & Alfat, M. (2003). Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah Kelas 2. Jakarta: Karya Toha Putra.

Pujiati, Desti. (2013). PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN.

Riyanto, A. (2003). Proses Belajar Mengajar Efektif Di Perpendidikan Tinggi. Samarinda: YAPEMDO.

Roisah, S. (2011). Penggunaan Metode Role Playing untuk Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Aqidah Akhlak pad Siswa Kelas 5 SD Banyubiru 03 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang.

Said, A., & Budimanjaya, A. (2015). 95 Strategi mengajar multiple intelligences : mengajar sesuai kerja otak dan gaya belajar siswa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2016). Pengaruh pembelajaran melalui online project based learning dan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Pelajaran IPA.

Setiawan, E. (2023). KBBI Online. Retrieved from Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): https://kbbi.web.id/

Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan : (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Undang-Undang RI No 20. (2003). SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, lingkungan, Kreatif, Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyuni, E. N. (2009). Motivasi dalam Pembelajaran. Malang: UIN-Maliki Press.

Wardani, I. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Widiasworo, E. (2015). 19 kiat sukses membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0