Penerapan Metode K-W-L (Know-Want-Learn) dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai penerapan metode K-W-L (Know-Want-Learn) dalam meningkatkan maharah qira’ah peserta didik kelas XI-4 di MAN 2 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode K-W-L (know-want-learn) serta untuk mengetahui apakah metode K-W-L (know-want-learn) dapat meningkatkan maharah qira’ah peserta didik kelas XI-4 di MAN 2 Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4)Refleksi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan metode K-W-L (know-want-learn). Kemampuan maharah qira’ah aspek pemahaman peserta didik kelas X-4 MAN 2 Kota Makassar pada sebelum tindakan kemampuan maharah qira’ah aspek pemahaman peserta didik hanya mencapai rata-rata persentase 69,5%. Pada siklus I kemampuan maharah qira’ah aspek pemahaman peserta didik sudah tergolong mampu dibanding pada saat pra siklus. Namun ada beberapa indikator yang perlu diperbaiki maka dilanjutkan pada siklus II. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan maharah qira’ah aspek pemahaman peserta didik meningkat menjadi 87,1%. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode K-W-L (Know-Want-Learn) mampu meningkatkan maharah qira’ah peserta didik kelas XI-4 di MAN 2 Kota Makassar.References
Amiruddin. (2018). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar [UNISMUH MAKASSAR]. In Bitkom Research (Vol. 63, Issue 2).
Hilmi, A., Asrori, I., & Ridwan, N. A. (2019). The Implementation of K-W-L (Know-Want to Know-Learned) Strategy to Improve Students’ Arabic Text Reading Ability of Grade XI of MA Bahrul Ulum. Journal of Arabic Linguistics and Education, 5(1), 30–46.
Kunandar. (2018). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Rajagrafindo Persada.
Munir. (2017). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab (Satucahayapro (ed.); 1st ed.). Kencana.
Mustofa, S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN - Maliki Press.
Nuraeni Abdullah. (2020). Pengembangan Model Pembinaan Tahsin Qira’ah Al-Qur’an Berbasis Paikem Pada Mahasiswa. Education and Learning Journal, 1(1).
Zainal, A. Q., & Ansar. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2.
عاÙشي, ا. ب. ع. (2018). تعلييم التÙكير ÙÙŠ مهارة القراءة دراسة تØليلية. مجلة الجامعة الأسلامية للدراسات التربوية Ùˆ النÙسيه, 27, 175.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.552
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0