Penerapan Metode K-W-L (Know-Want-Learn) dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah

Mutmainnul Ilma, Abdul Qahar Zainal, Ratika Nengsih

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai penerapan metode K-W-L (Know-Want-Learn) dalam meningkatkan maharah qira’ah peserta didik kelas XI-4 di MAN 2 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode K-W-L (know-want-learn) serta untuk mengetahui apakah metode K-W-L (know-want-learn) dapat meningkatkan maharah qira’ah peserta didik kelas XI-4 di MAN 2 Kota Makassar.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4)Refleksi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan metode K-W-L (know-want-learn). Kemampuan maharah qira’ah aspek pemahaman peserta didik kelas X-4 MAN 2 Kota Makassar pada sebelum tindakan kemampuan maharah qira’ah aspek pemahaman peserta didik hanya mencapai rata-rata persentase 69,5%. Pada siklus I kemampuan maharah qira’ah aspek pemahaman peserta didik sudah tergolong mampu dibanding pada saat pra siklus.  Namun ada beberapa indikator yang perlu diperbaiki maka dilanjutkan pada siklus II. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan maharah qira’ah aspek pemahaman peserta didik meningkat menjadi 87,1%. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode K-W-L (Know-Want-Learn) mampu meningkatkan maharah qira’ah peserta didik kelas XI-4 di MAN 2 Kota Makassar.

References


Amiruddin. (2018). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar [UNISMUH MAKASSAR]. In Bitkom Research (Vol. 63, Issue 2).

Hilmi, A., Asrori, I., & Ridwan, N. A. (2019). The Implementation of K-W-L (Know-Want to Know-Learned) Strategy to Improve Students’ Arabic Text Reading Ability of Grade XI of MA Bahrul Ulum. Journal of Arabic Linguistics and Education, 5(1), 30–46.

Kunandar. (2018). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Rajagrafindo Persada.

Munir. (2017). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab (Satucahayapro (ed.); 1st ed.). Kencana.

Mustofa, S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN - Maliki Press.

Nuraeni Abdullah. (2020). Pengembangan Model Pembinaan Tahsin Qira’ah Al-Qur’an Berbasis Paikem Pada Mahasiswa. Education and Learning Journal, 1(1).

Zainal, A. Q., & Ansar. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2.

عافشي, ا. ب. ع. (2018). تعلييم التفكير في مهارة القراءة دراسة تحليلية. مجلة الجامعة الأسلامية للدراسات التربوية و النفسيه, 27, 175.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jalutoto

https://revista.sbfoton.org.br/contato/

https://inef.da.upm.es/

situs slot online

toto togel

https://jfs.nfsu.ac.in/

toto slot

judi

bandar togel

https://tabaqdc.com

https://cnalab.uop.gr/contact-us/

https://edificacion.da.upm.es/

https://turningheadskennel.com/about-us/

https://aai.univ-boumerdes.dz/

slot gacor

situs slot

situs mantis88

slot gacor

slot thailand

https://navales.da.upm.es/

slot gacor

slot online

hot51

kangtoto2

https://world.bitharvest.io/

https://ezzing.com/wp-content/

situs toto

toto slot

Slot777

slot777

slot777

https://csdmm.da.upm.es/

situs slot thailand gacor hari ini

data macau

dc slot gacor