Efektivitas budaya literasi membaca alquran untuk meningkatkan kemampuan dan minat membaca alquran pada peserta didik smp al muttaqiem Makassar
Abstract
Skripsi ini membahas tentang program literasi Alqur’an dalam menumbuhkan budaya baca Alqur’an di SMP AL Muttaqiem Makassar. Pokok masalah yang dibahas yaitu tentang bagaimana proses kegiatan literasi Alqur’an dan bagaimana dampak literasi Alqur’an terhadap kesadaran siswa dalam membaca Alqur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui bagaimana proses kegiatan literasi Alqur’an, (2)mengetahui dampak kegiatan literasi Alqur’an terhadap kesadaran siswa dalam membaca Alqur’an di SMP AL Muttaqiem Makassar.
Meteode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif, dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik SMP AL Muttaqiem Makassar dengan jumlah 70 peserta didik yang terdiri dari kelas VII 18 siswa, kelas VIII 32 siswa dan kelas IX 20 siswa. Instrument yang dipakai adalah observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap peserta didik SMP AL Muttaqiem Makassar, wawancara akan dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada guru PAI
Keywords
References
Ahmad Miftakul Huda, Ana Maritsa, Difa’ul Husna. kedudukan guru dalam persepektif pendidikan islam jurnal pendidikan islam vol.18.no.2. (juli- desember 2021)
Akhmad syahid, syamsul bachri, Pengaruh Kompetensi guru, Motivasi berprestasi dan budaya organisasi terhadap kinerja menajar Guru MI, Vol, 16, No 1, hal. 81.
Al-Qur’an Al-Karim
Bal Mazhar. Cultural Literacy in Mother Tongou Education: an Action Research.
Dinda Mei Wulandari, “Efektivitas Budaya Literasi Membaca Al-Qura’an Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca Al- Qur’an Siswa di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombangâ€. Skripsi. 2021.
Farid Ahmandi, Ibda Hamidullo. Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik).
Ghazali Amru Yusni dkk. Buku Pintar Al-Qur’an “Segala Hal yang Perlu Kita Ketahui Tentang Al-Qur’anâ€. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo Lingkar Kalam. 2020).
Hamud Muhammad. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016).
Huda Miftahul. Digital Modern Antologi Jurnal Membuat dan Menerbitkan E- book. (DKI: PT. Lontar Digital Asia. 2021).
Katsir Ibnu Imam. Tafsir Ibnu Katsir “Pengantar Ilmu Tafsir Juz 1. (Jawa Tengah: Insan Kamil Solo. 2021).
Maytawati Hadika Gita, “Efektivitas Program Sudut Baca dalam Memenuhi Informasi Siswa SMPN di Surabayaâ€. Jurnal Ilmiah: Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fisip Universitas Airlangga. 2019.
Musfah, Jejen. Manajemen Pendidikan. (Jakarta: Prenada Media Grup. 2015).
Nawawi Imam. Buku Induk Doa & Zikir. (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.2018)
Subaedah, dkk, Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Student teams Achievement division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar , Vol, 4, No, hal. 64.
Yunus Abidin, Mulyati Tita, Yunansah Hana. Pembelajaran Literasi (Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis). (Jakarta: Bumi Aksara. 2018).
Suyitno Imam. Development of Cultural to Build Students’ Character Through Learnin. Journal of Innnovative Studies on Character and Education. 2017
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.568
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0