Penerapan Strategi Pembelajaran Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII 9 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 36 Kota Makassar

Siti Samsuri Hayati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi pembelajaran kemampuan berfikir kritis kelas VII 9 SMP Negeri 36 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII 9 SMP Negeri 36 Makassar sebanyak 29 peserta didik yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes belajar peserta didik pada prasiklus dengan jumlah peserta didik yang tuntas hanya 3 orang dengan persentase sebesar 10,3% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 26 orang dengan persentase sebesar 89,7% dan memperoleh nilai rata-rata 47,24 kategori sangat kurang. Adapun pada siklus I, jumlah peserta didik yang tuntas 22 orang dengan persentase sebesar 75,8% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 7 orang dengan persentase sebesar 24,2% dan memperoleh nilai rata-rata 74,31 kategori cukup. Sedangkan pada siklus II, jumlah peserta didik yang tuntas 29 orang dengan persentase sebesar 100% sedangkan yang tidak tuntas tidak ada atau 0% dan memperoleh nilai rata-rata 85,17 kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, strategi pembelajaran kemampuan berfikir kritis dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References


Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas.

Daulay, H. P. (2016). Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah.

Lilis Lismaya. (2019). Berfikir kritis dan PBL (Problem Based Learning).

Muhubbin Syah. (2013). Psikologi Belajar.

Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research).

Parwati, N. N. (2018). Belajar dan Pembelajaran.

Ramayulis. (2016). Profesi dan Etika Keguruan.

Ratika Negsih, Iful Noviyanti R.S, A. H. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII 6 Di SMP Negeri 7 Makassar.

Salmawati, S., Hasibuddin, & Nashiruddin Pilo. (2023). Kemampuan Guru Menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas di UPT SPF SDN Melayu Muhammadiyah Kecamatan Wajo Kota Makassar.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Pendidikan.

Sudarjono. (2017). Metode Penelitian.

Suhendar, .( Pipit Gantini dan Dodo. (2017). Penilaian Hasil Belajar.

Surani, Imaniar Bahtiar, A. R. A. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII C pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Suwartono. (2014). Dasar-dasar Metodologi Penelitian.

Tampubolon, S. M. (2014). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan dan Keilmuan.

Tim Primapena. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Untoro, J. (2010). Terampil Berwicara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0