Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Abstract
Eksplorasi ini merupakan pemeriksaan kuantitatif, pemeriksaan kuantitatif adalah penelitian dimana informasi eksplorasi berupa angka-angka yang dapat ditangani atau ditentukan dengan menggunakan perkiraan logis. Martono dalam Sudaryono mengungkapkan, pemeriksaan kuantitatif merupakan strategi eksplorasi yang bertujuan untuk menggambarkan keanehan yang terjadi di mata masyarakat yang saling berhubungan satu sama lain. Jenis pemeriksaan yang digunakan adalah Ex Post Facto. Darmadi mendefinisikan penelitian ex post facto sebagai penelitian yang peneliti mulai mengamati variabel terikat sebagai variabel bebas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui akibat atau sebab dari objek penelitian yang diamati
Tujuan penelitian ini ialah Mengetahui lebih jauh bagaimana SD Inpres 5/81 Pasaka Kabupaten Bone menangani permasalahan.Untuk mengetahui gambaran Hasil Belajar Ujian Sosial di SD Inpres 5/81 Pasaka Rezim BoneUntuk mengetahui dampak positif dan makna strategi berpikir kritis terhadap hasil belajar investigasi persahabatan siswa di SD Inpres 5/81 Pasaka Kabupaten Bone
Hasil penelitian ini ialah Berdasarkan hasil pengujian ekspresif terhadap strategi berpikir kritis, 6 atau 20% responden menilai berpikir kritis di SD Inpres 5/81 Pasaka berada pada kelas rendah, 19 atau 63% pada kelas sedang, dan 16% pada kelas sedang. klasifikasi tinggi. Dari gambaran tersebut, berpikir kritis di SD Inpres 5/81 Pasaka berada pada kelas sedang dengan taraf 63%. Hal ini menunjukkan bahwa masih perlu adanya uji awal untuk menentukan kemampuan belajar siswa. kebutuhan keterampilan sosial yang berhubungan dengan kemampuan pendidik dalam berbicara dengan siswa, instruktur individu, dan siswa
References
A.M. Sadirman. (1994). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada .
Ahmadi, A. & W. Supriyono. (2004). Psikologi Belajar. PT Roneka Cipta .
Departemen Agama. (2004). Standar Kompetensi, . Direktorat Jendral Kelembaga
Abuddinasa. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Gaya Media Media Pratama, 114.
Anshari HM Hofi. (1993). Pengantar Ilmu Pendidikan. Usaha Nasional.
Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Fakultas Tarbiyah IAIN Bone.
Arkanto, Suharsimi. (1993). Manajement Pengajaran. Rineka Kayaan Agama Islam.
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education, 2(2), 112-129.
Febrianti, N. Yopi. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dengan pemberian Reward and Punishment yang positifment yang Positif.. Vol. 6(2), 97-. Jurnal Edunomic , 62, 97–101.
Imron, A. (2012). Manajemen PesertaDidik Berbasis Madrasah. Bumi Aksara.
Nasution Toni & Maulana Arafat Lubis. (2018). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial . Samudra Biru
Purnomo, Halim dkk. (2012). Model Reward dan Punishment Perspektif Pendidikan Islam. Deepublish.
Surani, S., Saputri, A., & Mustamin, M. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Petasia Kabupaten Morowali Utara. Education and Learning Journal, 3(1), 45–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v3i1.139
Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 57–71. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031
Qahar Zainal, A., & Ansar, A. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i2.134
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.602
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0