Media Pembelajaran yang Kreatif, Menarik, dan Efektif dalam Keterampilan Bahasa Arab Peserta Didik
Abstract
Penerapan media pembelajaran kreatif dan menarik menjadi salah satu hal paling penting dalam kegiatan belajar mengajar. Terutama setelah kejadian pandemi kemarin. Meslipun kegiatan belajar mengajar sudah 80% memulai tatap muka, Sebagian besar sekolah masih melakukan kegiatan belajar mengajar melalui daring atau online. Akan tetapi faktanya terkadang para pengajar lupa bahwa penerapan media pembelajaran kreatif, menarik, dan efektif bisa memudahkan proses belajar menjadi efisien bagi peserta didik. Penggunaan media atau alat-alat modern di dalam proses belajar mengajar bukan bermaksud mengganti cara mengajar yang baik, melainkan untuk melengkapi dan membantu para pendidik dalam menyampaikan materi atau informasi. Dengan menggunakan media diharapkan terjadi interaksi antara pendidik dengan peserta didik secara maksimal sehingga dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan. Adapun metode yang dapat digunakan dalam penerapan media pembelajaran yaitu pertama dengan peserta didik terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan ilmu atau informasi mereka dapatkan. Kedua, Pendidik menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara untuk membangkitkan semangat belajar peserta didiknya, dan guru mendorong peserta didik untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah. Jadi hasil dari metode yang diterapkan oleh pendidik yaitu dengan menerapkan media pembelajaran yg menarik sehinnga dapat menjadi efektifitas peserta didik terampil dengan sendiri dalam proses belajar mengajar.
Keywords
References
Alawiyah, S. M., & Asyrofi, I. (2023). Implementasi Metode As-Syam’iyyah As-Syafawiyyah untuk Meningkatkan Maharotul Kalam Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6215–6221. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2588
Amzaludin, A., Ain, I. Q., & Khumairah, E. S. (2023). Akun TikTok (@ kampungarabalazhar) Sebagai Media Belajar Bahasa Arab Online. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 554–565.
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-metode dalam pembelajaran keterampilan bahasa Arab reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179–196. https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/UrwatulWutsqo/article/view/181/120
Fauzi, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Membuat Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi “Camtasia Studio†Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(2), 167–190. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/alfazuna/article/view/529/227
Febrianingsih, D. (2021). Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 21–39. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/335/295
Furoidah, A. (2020). Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2), 63–77. https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/alfusha/article/view/358/291
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta media group. http://eprints.unm.ac.id/20720/1/Media Pembelajaran 2.pdf
Hidayah, B. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN ISTIMA’PADA SISWA MTs. AL-ANWAR CANGKRINGRANDU PERAK JOMBANG. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–262. http://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/murobbi/article/view/268/178
Isnaini, N., & Huda, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Permainan My Happy Route Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 10 Sleman. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 1–14. https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-miyar/article/view/156/pdf_1
Italiana, F., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di TK dalam Meningkatkan Kreativitas Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 813–816. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/486/397
Lubis, L. (2022). Model Pembelajaran “Tri N†Ki Hajar Dewantara dalam Menumbuhkan Keterampilan Berbahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10181–10187. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10006
Muhammad, M., & Setyawan, C. E. (2021). Penerapan Media Gambar pada Pembelajaran MahÄrah Al-KitÄbah di MA Irsyadun Nasyi’in. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 183–193. https://doi.org/10.36668/jih.v4i2.314
Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 283–293. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/795/688
Prananingrum, A. V. (2022). Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10181–10187. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/717/663
Zainuri, M. (2020). perkembangan bahasa arab di indonesia. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 120–128. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i2.2926
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.615
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0