PkM Peningkatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone Takalar
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan oleh Tim PkM Universitas Muslim Indonesia (UMI) dengan fokus khusus pada "Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru di Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone Takalar." Tujuan utama kegiatan ini untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkuat karakter para guru di lingkungan pesantren. Selain itu workhsop ini diharapkan meningkatkan pemahaman dan penerapan pendidikan karakter di kalangan para guru di Pesantren Mizanul Ulum. Melalui pendekatan kuantitatif, evaluasi kegiatan ini mencatat peningkatan yang nyata dalam pemahaman konsep pendidikan karakter, dengan 100% peserta menunjukkan kesediaan untuk mengimplementasikan pembelajaran tersebut di lingkungan sekolah. Hasil survei juga mencatat keberhasilan metode pembelajaran interaktif yang diterapkan, dengan 95% peserta merasa metode ini lebih efektif dalam menyampaikan konsep pendidikan karakter. Rencana implementasi yang dihasilkan dari kegiatan ini menjadi pedoman bagi para guru untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulum dan kegiatan sehari-hari di Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone Takalar.
Keywords
References
Fauzan F. Peran Pesantren dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter. El-Furqania: Jurnal Ushuluddin Dan Ilmu-Ilmu Keislaman. 2015;1(01).
Fahham AM. Pendidikan pesantren: pola pengasuhan, pembentukan karakter, dan perlindungan anak. Publica Institute Jakarta; 2020.
AR ZT. Dinamika Perkembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren; Satu Analisis Filosofis. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. 2018;8(1):1–21.
Purnamasari NI. Konstruksi sistem pendidikan pesantren tradisional di era global; paradoks dan relevansi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam. 2016;6(2):73–91.
Setiawan E. Modernisasi pola sistem pendidikan pesantren (studi kasus pondok pesantren modern daarul fikri Mulyoagung dau Malang). ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam. 2013;14(2):176–93.
Wuryandani W. Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah dalam Rangka Pembentukan Manusia yang Berkualitas. Jurnal Majelis. 2020;7:106–28.
Sari DC, Purba DW, Hasibuan MS. Inovasi pendidikan lewat transformasi digital. Yayasan Kita Menulis. 2019;
Isma A, Nur S. Examining the Reading Performance and Problems among Students in Indonesian Higher Education. SELTICS. 2023;6(1):12–23.
Purwasih R. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan self confidence siswa mts di kota cimahi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Didaktik. 2015;9(1):16–25.
Suardi M. Belajar & pembelajaran. Deepublish; 2018.
Sutiah D, Pd M. Teori belajar dan pembelajaran. NLC; 2020.
Ghufron MN. Kepuasan Pembelajaran Secara Online: Apakah Gaya Belajar Mempunyai Pengaruh? QUALITY. 2020;8(1):130–48.
Fathurrahman A, Sumardi S, Yusuf AE, Harijanto S. Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan. 2019;7(2):843–50.
Nurpuspitasari D, Sumardi S, Hidayat R, Harijanto S. Efektivitas pembelajaran ditinjau dari supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan. 2019;7(1):762–9.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.628
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0