Kompetensi Pedagogik Guru PAI Terhadap Kedisiplinan Ibadah Sholat Peserta Didik di SMK Kesehatan Mega Rezky Makassar

Januar Ramadhan

Abstract


Skripsi ini membahas tentang pengaruh kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam terhadap kedisiplinan ibadah sholat peserta didik di SMK Kesehatan Mega Rezky Makassar, penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam di SMK kejuruan Kesehatan Mega Rezky Makassar, (2) untuk mengetahui tingkat kedisiplinan ibadah sholat peserta didik di SMK kejuruan Kesehatan Mega Rezky Makassar (3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam terhadap kedisiplinan ibadah sholat peserta didik di SMK kejuruan Kesehatan Mega Rezky Makassar. Metode penelitian ini kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik sebanyak 213 orang. sampel penelitian sebanyak 68 orang masing-masing setiap kelas ada wakilnya. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket untuk variabel kompetensi pedagogik guru dan tingkat kedisiplinan ibadah sholat peserta didik. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji SPSS dalam penelitian ini dapat kita simpulkan bahwa pengaruh variabel (X) ke variabel (Y) secara parsial: (1) variabel kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam Pemahaman Tentang Peserta Didik diperoleh nilai signifikasi 4,454 t tabel1,997 dan nilai  signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak (menerima Ha) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Pemahaman terhadap peserta didik berpengaruh positif terhadap Tingkat Kedisiplinan Ibadah Sholat (2) Variabel Merancang/merencanakan Pembelajaran sebesar  2,468  t tabel 1,997 dan nilai  signifikan sebesar 0,016 < 0,05 maka Ho ditolak (menerima Ha) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel  Merancang/merencanakan pembelajaran berpengaruh positif terhadap Tingkat Kedisiplinan Ibadah Sholat (3) Variabel Melaksanakan Pembelajaran sebesar  2,301  t tabel 1,997 dan nilai  signifikan sebesar 0,025 < 0,05 maka Ho ditolak (menerima Ha) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel  Melaksanakan pembelajaran  berpengaruh positif terhadap Tingkat Kedisiplinan Ibadah Sholat (4) Variabel Evaluasi Hasil Belajar sebesar  3,481  t tabel 1,997 dan nilai  signifikan sebesar 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak (menerima Ha) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel  Evaluasi Hasil Beljar  berpengaruh positif terhadap Tingkat Kedisiplinan Ibadah Sholat (5) Variabel Pengembangan Peserta Didik sebesar  2,170  t tabel 1,997 dan nilai  signifikan sebesar 0,034 < 0,05 maka Ho ditolak (menerima Ha) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel  Pengembangan Peserta Didik berpengaruh positif terhadap Tingkat Kedisiplinan Ibadah Sholat. Adapun Pengaruh secara simultan diperoleh nilai signifikasi > 0,05 yakni nilai F sebesar 24,146 lebih besar dari nilai f tabel sebesar 2,354 dengan tingkat signifikansi 0,000 atau < 0,05 maka secara simultan variabel Pemahaman, merencanakan, melaksanakan, evaluasi dan pengembangan hasil belajar berpengaruh Tingkat Kedisiplinan Ibadah Sholat. Diperoleh nilai (R Square) sebesar 0,661 atau  66,1 %. Arti dari koefisien ini adalah  Pemahaman, merencanakan, melaksanakan, evaluasi dan pengembangan hasil belajar Memberi pengaruh terhadap  Tingkat Kedisiplinan Ibadah Sholat  sebesar 66,1 % Sedangkan sisanya 33,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


References


Daftar Pustaka

Al-Quran Al-Karim

Adistian, Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama, ‘‘Wawancara’’, SMK Kesehatan Mega Rezki Makassar, pada tanggal 23 Maret 2023.

Asifa Satara, Kedusiplinan Ibadah Sholat Berjamaah Lima Waktu Siswa SMK Islam Medika Bantarbolang, Jurnal Ilmiah Al Miskawaih Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Jawa Tengah, (2022).

Departemen Agama Republik Indonesia Al-Qur’an Hafalan Madinah AL-Mutqin, Bandung: PT Madinah Raihan Makmur, (2022)

Dodiet Aditya Setyawan, Metodologi Penelitian, (2013).

Faturrahman, Khoiru Ahmadi, dan Hendro Ari Setyono, Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya, (2012).

Hamid Ahmad At-Thahir, Ta’limus Sholati, Solo: Aqwam, (2018).

Ilma fitrianita, Kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Kelas VII di SMP Negeri 6 Pemalang, Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang, (2018).

John W. Creswell, Research Design, Qualitative, and Mixed Methods Approaches, Fourth Edition.Terj.Achmad Fawaid dan Rianayati Kusmini Pancasari, Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, hal. 3

Laode Muhammad Apdy Poto dan Wahyu Kuncoro, Pembinaan Kedisiplinan PesertaDidik, (2020).

Mansyur selaku Wakasekkurikulum, ‘‘Wawancara’’, SMK Kesehatan Mega Rezki Makassar, pada tanggal 23 Maret 2023 jam 09.48

Martini, Hubungan Kemampuan Berpikir Abstak Terhadap Prestasi Belajar Mengambar Pesspektif KonstruktifPada Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan FPBS IKIP ujung Pandang, (1991)

Muhammad Bin Mukrim Bin Ali Abu Fadhol Jamaluddin Ibnu Mandur Al Ansori, Lisanul ArabJuz 15, Beirut: Darus Sodir (2010)

Mulyasa, E.Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya (2008).

Ngainun Naim, Menjadi Guru Inspiratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar (2013).

Repository umpalembang http://www. Repostory.co.id BAB 2 Sampai Dengan BAB Terakhir.pdf, diakses pada tanggal 22 Februari 2023.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, (2012).

Rimsky K. Judisseno, Jadilah Pribadi yang Kompeten Ditempat Kerja, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, (2008).

Rudaimah R. Pengaruh Kedisiplian dan Kompetensi Pedagigik Guru Terhadap Prestasi Belajar Pendidkan Agam Islam Siswa di SD Negeri 2 Margoyoso Kecamatan Sumber Rejo Kabupaten Tanggamus Tesis Universitas Islam Negeri Lampung, (2017).

Rukaesih A. Maolani dan Ucu Cahyana, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers. (2016)

Samsul Nizar dan Zainal Efendi Hasibuan,â€Pendidikan idealâ€, Depok: Prenada Media Group, (2018).

Siswono Haryono, Metodologi Penelitian Bisnis Teori dan Aplikasi, cet. Ke-2, Jakarta: PT. Intermedia Personalia Utama, (2007).

Sudirman N.,dkk, Ilmu pendidikan: Kurikulum, Program Pengajaran, Efek Instuksional danPengiring, CBSA, Metode Mengajar, Media Pendidikan, Pengelolaan Kelas, Evaluasi Hasil Belajar, cet. III;Bandung: Remadja Karya, (1989).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, (2012).

Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, (2013).

Suhaeni, Pengaruh Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Remaja Di Desa Pincara Kabupaten Pinrang, Makassar: UMI Makassar, (2021).

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, (2021).

Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. XIV; Jakarta: Bumi Aksara, (2015).

Syafruddin Nurdin dan Adriantoni, Profesi Keguruan, Depok: PT RajaGrafindo, (2019).

Siregar Syofian, Metode Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS, Jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri (2013).

Tasrif, Pendidikan Keguruan Landasan Kerja Guru Milenial, Jakarta: Kencana, (2021).

Undang-Undang Republik Indonesia NO 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.Universitas Islam Negeri Alauddin, Pedoman karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Desertasi, dan laporan penelitia, Cet. II; Makassar: Alauddin Press, (2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0