EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI TKJ A DI SMKN 6 MUNA

Ruslan Ruslan, Andi Bunyamin, Musafir Tahir

Abstract


Proposisi ini berbicara tentang “Keberlangsungan Korespondensi Relasional Pendidik Terhadap Inspirasi Pembelajaran. Kelangsungan Korespondensi Relasional Pendidik dalam Memperluas Inspirasi Belajar Kelas. 2) Unsur-unsur penghambat korespondensi relasional antara pendidik dan siswa di SMKN 6 Muna. Eksplorasi ini menggunakan pemeriksaan subjektif yang berbeda. Eksplorasi ini menggunakan prosedur pengumpulan informasi melalui persepsi, pertemuan dan dokumentasi. Sementara itu, prosedur pemeriksaan informasi dilakukan melalui penurunan informasi, penyajian informasi, dan penetapan pencapaian dalam pengumpulan informasi. Hasil ujian yang dilakukan di SMKN 6 Muna menunjukkan bahwa para pendidik Diklat telah menyelesaikan korespondensi relasional dengan siswanya dan dalam pengalaman yang semakin berkembang, korespondensi relasional antara guru dan siswa sangat baik. Ini harus menunjukkan bahwa korespondensi relasional yang baik selalu dipenuhi. Kedekatan dan kesamaan antara pendidik PAI dengan siswa SMKN 6 Muna dalam penyampaiannya menghimbau siswa untuk menjadi siswa yang dinamis dan bergairah dalam belajar, dalam hal ini hubungan antar guru Diklat Islam sebenarnya harus ditingkatkan agar setiap siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar. berkonsentrasi pada Sekolah Ketat Islam.


Keywords


Komunikasi interpersonal; Motivasi Belajar; Peserta didik

References


A.M. Sadirman. (1994). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada .

Ahmadi, A. & W. Supriyono. (2004). Psikologi Belajar. PT Roneka Cipta

Departemen Agama. (2004). Standar Kompetensi, . Direktorat Jendral Kelembaga

Abuddinasa. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Gaya Media Media Pratama, 114.

Anshari HM Hofi. (1993). Pengantar Ilmu Pendidikan. Usaha Nasional.

Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Fakultas Tarbiyah IAIN Bone.

Arkanto, Suharsimi. (1993). Manajement Pengajaran. Rineka Kayaan Agama Islam.

Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education, 2(2), 112-129.

Febrianti, N. Yopi. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dengan pemberian Reward and Punishment yang positifment yang Positif.. Vol. 6(2), 97-. Jurnal Edunomic , 62, 97–101.

Imron, A. (2012). Manajemen PesertaDidik Berbasis Madrasah. Bumi Aksara.

Nasution Toni & Maulana Arafat Lubis. (2018). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial . Samudra Biru

Purnomo, Halim dkk. (2012). Model Reward dan Punishment Perspektif Pendidikan Islam. Deepublish.

Surani, S., Saputri, A., & Mustamin, M. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Petasia Kabupaten Morowali Utara. Education and Learning Journal, 3(1), 45–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v3i1.139

Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 57–71. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031

Qahar Zainal, A., & Ansar, A. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i2.134




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0