Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 7 Cenrana Kabupaten Maros
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 7 Cenrana Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 7 Cenrana Kabupaten Maros, (2) Hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 7 Cenrana Kabupaten Maros , (3) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 7 Cenrana Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Cenrana Kabupaten Maros yang berjumlah 107 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan realibitasnya. Dari 40 item pernyataan yang diuji coba, terdapat 35 pernyataan yang valid dengan nilai reliabilitas 0,874. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata (M) sebesar 128, (2) hasil belajar berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata (M) sebesar 71,61, (3) diperoleh 0,473>0,355 pada taraf signifikansi 5%, maupun 0,456 pada taraf signifikansi 1% maka Ho ditolak dan Ha diteriama. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Cenrana Kabupaten Maros pada rentang 0,40 - 0,599 yang diartikan dalam kategori korelasi sedang. Hal tersebut didasarkan pada perhitungan variabel motivasi belajar dan hasil belajar dengan koefisien determinasi (R 2 ) diperoleh 0,28 atau 28,0%.
Keywords
References
B. Uno, H. (2022). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (Cet. XVIII). Bumi Aksara.
Bastari, E. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung Tahun 2018/2019. Jurnal Pendidikan, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1–174. http://repository.radenintan.ac.id/5912/1/SKRIPSI ELVINA BASTARI.pdf
Dahwadin & Farhan, S. N. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Cet. I). CV. Mangku Bumi Media.
Darmadi, H. (2019). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. CV. Budi Utama.
Dwi Nur Halizah, Mustamin, Martini, Abdul Wahab, & Muh. Azhar. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas XI MIPA MAN 2 Kota Makassar. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.222
Gule, Y. (2022). Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Tinjauan Melalui Kompetensi Sosial dan Keteladanan Guru. (Cet. I). CV. Adanu Abimata.
Herman, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Method) (Cet. I). Hidayatul Qur’an Kuningan.
Hidayat, R & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan "Konsep, Teori, dan Aplikasinya". (Cet. I). LPPI.
Imansari, F. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI Riadhul Ulum Tahun Pelajaran 2019/2020.
Nuridayanti. (2022). Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Pendekatan Problem Posing. NEM.
Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja.(Cet. I). CV. Budi Utama.
Siregar, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Prenamedia.
Slameto. (2019). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sudaryana, B., & dan Ricky, A. (2022). Penelitian Kuantitatif. CV. Budi Utama.
Sulviana, S., Raehana, S., & Syahrul, M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri’ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.225
Syahrul, M., & Martini. (2018). Penerapan Pendekatan Konseling Rasional Emotif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Ddi Kab. Pangkep. Komunida : Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(1), 51–60. https://doi.org/10.35905/komunida.v8i1.600
Titik Lestari, E. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar (Cet. I). Deepublish.
Zubairi. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pendidikan Agama Islam. CV. Adanu Abimata.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.667
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0