Urgensi Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pentingnya pemanfaatan media pembelajaran Audio Visual dalam memperluas inspirasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Sape Kabupaten Bima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pentingnya media pembelajaran media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan media pembelajaran media audio visual dalam mengingkatkan motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metodologi yang digunakan dalam pemeriksaan ini adalah metodologi subyektif dan tipe eksplorasi yang jelas. Sumber informasi diperoleh dari sekolah dan dari subyek yang terdiri dari guru dan siswa SMP Negeri 1 Sape Kabupaten Bima. Metodologi pengumpulan informasi yang digunakan adalah persepsi, pertemuan dan dokumentasi. Kemudian prosedur penyelidikan informasi yang digunakan meliputi pengumpulan informasi, penurunan informasi, penyajian informasi, serta penyelesaian dan pemeriksaan. Akibat dari penelitian ini diasumsikan bahwa (1) proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Sape menyinggung rencana pendidikan tahun 2013 yang terpaku pada siswa sebagai subjek dan objek pembelajaran, media yang digunakan selama pengalaman mendidik dan mendidik adalah media pembelajaran Jenis media yang umum adalah film/video karena kerangka pembelajarannya menggunakan konsep CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif), strategi yang digunakan oleh para ahli adalah wawancara, tanya jawab, dan memberi mengumpulkan tugas. Pemanfaatan media pembelajaran media audio visual pada mata pelajaran pendidikan agama islam dapat membangun inspirasi belajar siswa karena lebih jelas dan pembelajaran sungguh-sungguh menarik, siap mengoordinasikan pertimbangan siswa sehingga kerinduan untuk terus belajar terpacu karena pemanfaatan media pembelajaran sangat ideal dibandingkan dengan pengalaman pendidikan manual. Manfaat dan kerugian media pembelajaran media audio visual dalam memperluas inspirasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam. Manfaat dan kerugian media pembelajaran media audio visual dalam memperluas inspirasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam. Manfaatnya adalah SMP Negeri 1 Sape mempunyai perangkat yang memadai untuk membantu penggunaan media pembelajaran umum seperti LCD/Proyektor, Komputer/Laptop yang dapat diakses di Lab dan jaringan WI-FI yang sangat kuat ketika diharapkan untuk mengakses materi dan mendownload rekaman. Terkait dengan materi yang akan diajarkan, maka kelebihan dari sudut pandang pembelajaran lebih menonjol bagi siswa lain dibandingkan dengan pembelajaran manual dan keunggulan lainnya adalah dominasi pendidik dalam mengawasi media audio visual. Kekurangannya adalah siswa lebih fokus melihat layar LCD/proyektor sehingga tidak menguasai materi yang telah diajarkan oleh guru, memerlukan investasi yang besar untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan pada saat guru memerlukannya. untuk memanfaatkan media pembelajaran media audio visual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiesta, A. A., Syam, M., & Qadar, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 9 Samarinda Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 84–94. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.623
Anam, S., & Septiliana, L. (2023). Penggunaan media pembelajaran autoplay untuk menunjang kurikulum merdeka di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1228–1236. https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2502
Ansar, A., Julia, J., & Hafida, N. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.235
Undang-Undang Nomor 20, (2003).
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Muntaqo, R., & Al Halim, A. A. (2017). Peningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Budaya Organisasi Di Madrasah Aliyah Ali Maksum Yogyakarta. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 1(1). https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/66
Nurdin, H. S. (2018). Media Sebagai Sarana Komunikasi Dalam Berdakwah. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 16(2), 42–57. https://doi.org/0.37216/tadib.v16i2.195
Nurhasana, I. (2021). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 217–229. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v2i2.573
Qutub, S. (2003). Tafsir fi Zhilalil Quran. Gema Insani Press.
Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
Utami, R., Mustakim, N., Taufiq, A., Rahmi, S., Sanwil, T., Febrianingsih, D., Bahtiar, I. R., Amzana, N., Ulfa, M., & Surur, M. (2021). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.697
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0