Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas VII B Smpn 8 Satap Alla Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang

muh Sahrul

Abstract


Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas VII B Di SMPN 8 Satap Alla Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII B Di SMPN 8 Satap Alla Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII B Di SMPN 8 Satap Alla Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Jenis metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk teori. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, wali kelas, dan beberapa peserta didik. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian di analisis menggunakan analisis data yang di kemukakan oleh miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, (1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas VII B Di SMPN 8 Satap Alla Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang Hasil yang di peroleh dari penelitian di SMPN 8 Satap Alla menunjukkan bahwa sebuah strategi yang di gunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik mengalami beberapa pengaruh yang sangat membantu peserta didik seperti disiplin terhadap waktu, taat terhadap peraturan tata tertib yang ada di sekolah dan patuh terhadap guru. (2) Adapun faktor pendukung strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik yakni kerja sama yang baik antara guru dan orang tua dan juga dari pemerintah sedangan faktor penghambatnya ialah faktor tempat tinggalnya dan juga lingkunganya

Keywords


Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Membentuk Karakter

References


Afni Lubis, N. & Negeri Padang, U, (2023). Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Islam 3. hal. 274–284

Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education, 2(2), 112-129

Dilla, W. P., Andrizal, A., & Zulhaini, Z. (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Afektif Terhadap Sikap Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di Mtsn 1 Kuantan Singingi (Tp. 2021/2022). Jom Ftk Uniks (Jurnal Online Mahasiswa Ftk Uniks), 4(1), hal. 386-393.

Emi susanti hendarso,( 2010). penelitian kualitatif: sebuah pengantar dalam metode penelitian sosial (jakarta: kencana).

Furgon Syarief Hidayatullah, (2018). Pendidikan agama islam pada perguruan tinggi umum, (Bogor: Anggota ikapI) , hal.11

Haris herdiansyah, (2013). wawancara, observasi, dan focus groups. (jakarta: rajagrafindo persada).

Irwanto, M. Z., & Syahrul, M. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Karimah Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (Umi). Penerbit Qiara Media.

Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru vol. 2, hal. 88-102

Marzuki. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Karakter.

Octaviani, R, & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data, Hal. 17

Rosmiati, R., & Syahid, A. Model of Character Education as an Effort to Prevent Crime and Demoralization of Student in Makassar City. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 9(2), hal. 209-228

Sandu siyoto, m. Ali sodik, (2015). Dasar metodologi penelitian

Santy andrianie, m.p.d, laelatul arofah, m.p.d, restu dwi ariyanto, m.p.d, (2021). karakter relegius: sebuah tantangan dalam menciptakan media Pendidikan karakter, (pasuruan, jawa timur,), hal 14-15

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & R&D, hal. 147-150

Wina Sanjaya, (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana,), hal.128.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel