Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Kelas XI Di SMAN 4 Luwu Timur

Basrulloh Mukhtar, Andi Bunyamin, Muhammad Syahrul, Mustamin Mustamin, Abdul Wahab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk kepentingan praktis agar dapat mengetahui strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan remaja kelas XI di SMAN 4 Luwu Timur, untuk kepentingan ilmiah agar dapat mengetahui apakah strtrategi guru berhasil dalam mengatasi kenakalan remaja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi.  Fenomenologi merupakan studi tentang pengetahuan yang berasal dari kesadaran atau cara seseorang memakai suatu obyek dan peristiwa yang menjadi pengalaman seseorang secara sadar. Mendeskripsikan strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru bimbingan dan konseling di sekolah sangatlah penting bagi remaja yang mempunyai masalah di sekolah karena dapat mengurangi masalah yang ada di sekolah dan juga dapat meningkatkan sikap disiplin remaja. Berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa permasalahan remaja yang ada di SMAN 4 Luwu Timur adalah kenakalan ringan, kenakalan sedang, dan kenakalan berat. Strategi yang digunakan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan remaja adalah preventif dan kuratif. Adapun faktor pendukung strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan remaja yaitu kesadaran diri, tata tertib yang tegas, teman bermain, ruangan bimbingan dan konseling, kegiatan keagamaan, kegiatan ekstrakurikuler, dan kerjasama guru dan orang tua, sedangkan faktor penghambat berupa kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya, lingkungan pergaulan yang kurang baik, dan pengaruh negatif sosial media.

Keywords


Bimbingan konseling, Kenakalan Remaja

References


Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. CV. Nas Media Pustaka.

Arifah, U. (2022). Manajemen Strategi. UNISNU Press.

Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups. Rajagrafindo Persada.

Inda Puji Lestari, Surahman Amin, & I. S. W. (2021). Model Pencegahan Kenakalan Remaja Dengan Pendidikan Agama Islam. Penerbit Adab.

Jamaluddin, U. dan. (2022). Bimbingan Dan Konseling. Prenadamedia Group.

M. Zain Irwanto, Muhammad Syahrul, A. B. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, No, hal. 307.

Maliki. (2022). Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nani M. Sugandhi, & Aas Saomah, S. Y. L. . (2021). Bimbingan dan Konseling Remaja. PT. Remaja Rosdakarya.

Nengsi, R., Malik, A., & A Natsir, A. F. (2021). Analisis Perilaku Peserta Didik Slow Learner (Studi Kasus Di MTsN Makassar). Education and Learning Journal, 2(1), 49. https://doi.org/10.33096/ELJOUR.V2I1.93

Nurihsan, A. J. (2017). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling, (Edisi Revisi). PT. Refika Aditama.

Saputra, N., Hikmah, N., Yustitia, V., Saputra, M., & Wahab, A. (n.d.). Implementation of Online Learning Using Online Media, During the Covid 19 Pandemic. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.1857

Setiawati, M. S. dan N. (2020). KONSELING Teori dan Aplikasinya. Aksara Timur.

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sodik, S. S. dan A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Umar Sidiq, & M. M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Nata Karya.

Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. Education and Learning Journal, 2(1), 40. https://doi.org/10.33096/ELJOUR.V2I1.91

Yarmis Syukur, Neviyarni, & T. N. Z. (2019). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. CV. IRDH.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jalutoto

https://revista.sbfoton.org.br/contato/

https://inef.da.upm.es/

situs slot online

toto togel

https://jfs.nfsu.ac.in/

toto slot

judi

bandar togel

https://tabaqdc.com

https://cnalab.uop.gr/contact-us/

https://edificacion.da.upm.es/

https://turningheadskennel.com/about-us/

https://aai.univ-boumerdes.dz/

slot gacor

situs slot

situs mantis88

slot gacor

slot thailand

https://navales.da.upm.es/

slot gacor

slot online

hot51

kangtoto2

https://world.bitharvest.io/

https://ezzing.com/wp-content/

situs toto

toto slot

Slot777

slot777

slot777

https://csdmm.da.upm.es/

situs slot thailand gacor hari ini

data macau

dc slot gacor