Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII A SMP Negeri 25 Cenrana Maros

Kiki Dwi Sakti, Abdul Rauf Assagaf, Ratika Nengsi

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 25 Cenrana Kabupaten Maros. Dalam skripsi ini yang menjadi pokok pembahasannya yakni: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran kontekstualdi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 25 Cenrana Maros 2) Apakah penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 25 Cenrana Maros.Tujuan Penelitian ini  untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII A di SMP Negeri 25 Cenrana Maros dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual, model pembelajran Kontekstual merupakan pembelajaran yang menekankan kepada keterlibatan peserta didik secara penuh dalam proses pembelajaran untuk dapat menghubungkan materi yang dipelajari  dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong peserta didik untuk dapat menerapkan dalam kehidupan mereka. Penelitian ini merupakan Penelitian TindakanKelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dimana satu siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII Adi SMP Negeri 25 Cenrana Maros dengan jumlah 26 peserta didik yang terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan 19 peserta didik perempuan..Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui observasi Motivasi yang telah dilakukan. Total skor pada prasiklus adalah 690 dengan rata-rata 26,5 serta presentase 53%, dengan predikat “kurang”. Total jumlah rata-rata pada siklus I adalah 63,1% dengan predikat “cukup” selanjutnya pada siklus II, total jumlah rata-rata pada siklus II adalah 80,8% dengan predikat ”baik”.Data tersebut membuktikan bahwa setiap siklus mengalami peningkatan motivasi setelah di terapkan model pembelajaran Kontekstual dalam proses pembelajaran.

Keywords


Kontekstual; Motivasi Belajar

References


Annisa Ashlihatul Akbar, Akhmad Syahid, Rosmiati, & Abdul Wahab. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mipa 1 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 4 Maros. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 32–38. https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.251

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. CV. Budi Utama.

Furqon, H. S. (2018). Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Anggota IKAPI.

Gregorius. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Lekeisha.

Hartini, N. (2010). Penerapan Model Contextual Teaching and Learninguntuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa kelas II SDN 02 Wonogiri. Universitas Sebelas Maret.

Ibnu Katsir. (2003). Tafsir Ibnu Katsir. Pustaka Imam Syafi’i.

Kementrian agama. (2018). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Makhtabah Al-Fatih.

Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual. Refika Aditama.

Kunandar. (2018). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT RajaGrafindo Persada.

Mukhtar. (2010). Pengajaran Remedial. Nimas Multiama.

Nengsih, R. (2019). Group Investtigation Desain Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Dalam Mata Kuliah Analisis Materi Pendidikan Agama Islam. 3(1), 18–23.

Nengsih, R., Novianti R.S, I., & Hakim, A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII 6 Di SMP Negeri 7 Makassar. Education and Learning Journal, 3(2), 100. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.153

Nurlaela. (2020). Aplikasi Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan. 152–167.

Pudji Muljono. (2012). metodologi Penelitian Sosial (I). IPB Press.

Riinawati. (2021). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jl. CemaraNo. 16, Condongcatur.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Kencana.

Suriyansyah, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Syarif, S. M. (2015). Strategi Pembelajaran (Persada Raja Grafindo (ed.); 1st ed.). Raja Grafindo Persada.

Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel