Penerapan Metode Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VII 6 MTsN 1 Kota Makassar

Yusna Yusna, Salim Hasan, Ratika Nengsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Metode Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VII.6 MTsN 1 Kota Makassar dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII.6 MTsn 1 Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan atau lebih. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.6 di MTsN 1 Kota Makassar dengan jumlah 40 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tes terdiri dari dua jenis yaitu pre-test dan post-test, pre-test dilaksanakan pada awal pertemuan sebelum peserta didik diberi perlakuan atau proses pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Team Quiz sedangkan post-test dilaksanakan tiap akhir pertemuan pada tiap siklusnya. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rumus perhitungan persentase dan nilai- nilai rata-rata (Mean) baik untuk menganalisis data lembaran aktivitas peserta didik maupun peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode Team Quiz pada mata Pelajaran akidah akhlak dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII.6 pada mata Pelajaran akidah akhlak mulai dari pra penelitian hingga siklus II mengalami peningkatan. Yaitu sesuai dengan hasil tes yang dilakukan penelitian terhadap peserta didik pada proses pembelajaran di kelas, dimana pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik adalah 77,9 dengan presentase ketuntasan 40%, kemudian pada siklus I nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 85 ,5 dengan presentase 65%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik adalah 91,13 dengan presentase 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di setiap siklusnya mengalami peningkatan dengan kategoti Sangat Baik.

Keywords


Metode Team Quiz

References


Agung, I. G. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Of Education Action Research, Vol.4(No. 4), 474.

Amanda, R. & F. H. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). CV Pusdikra Mitra Jaya.

Annisa Ashlihatul Akbar, Akhmad Syahid, Rosmiati, & Abdul Wahab. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mipa 1 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 4 Maros. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 32–38. https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.251

Arikonto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Askara.

Helmiah. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Mustamin, M.,& Zainal, A. . (2023). Efektivitas Metode Al Miftah Untuk Melatih Kemampuan Qawa’id Pada Peserta Didik Kelas X Keagamaan di Madrasah Aliyah. Vol.1, 8–18.

Nanda, I. (2021). penelitian tindakan kelas untuk guru inspiratif. CV Adanu Abimata.

Nengsih, R., Novianti R.S, I., & Hakim, A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII 6 Di SMP Negeri 7 Makassar. Education and Learning Journal, 3(2), 100. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.153

Tillawari. (2020). penerapan model pembelajaran team quiz untuk meningkatkan berfikir kritis dan prestasi belajar siswa. 10(1), 148–158.

Umatin, C. (2021). Pengantar Pendidikan. CV. Pustaka Learning Center.

Wahab, A., Junaedi, J., Azhar, M. (2021). Evektifitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N- Gain di PGMI. 5, 1039–1045.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel