Srategi Pendidik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pendidik pada mata pelajaran pendidikan agam Islam dan budi pekerti dalam menanamkan karakter religius peserta didik kelas V.D SDN 25 Radda Belopa Kabupaten Luwu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan dengan, observasi, wawancara, dokumentasi dan triagulasi. Subjek penelitian ini yaitu pendidik dan seluruh peserta didik kelas V.D SDN 25 Radda sebanyak 29 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa strategi pendidik dalam menanamkan karakter religius peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan dimana pembentukan karakter religius peserta didik menggunakan strategi eskpositori, inkuiri dan keteladan. Faktor pendukung yaitu kepala sekolah, pendidik dan buku paket. Sedangkan faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana , kurangnya perhatian peserta didik dan lingkungan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, strategi pendidik mampu dalam membentuk karakter religius peserta didik.
Keywords
References
Abdul Rahman, Nurhadi. (2020). Konsep Pendidikan Akhlak, Moral, dan Karakter dalam Islam (Nurhadi (ed.)). Guepedia. www.guepedia.com
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).
Andriani, A. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Disiplin Positif (DISPOS).
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26.
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2), 2023. http://www.pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1401
Haidar Putra Daulay. (2014). Pendidikan Islam Dalam Persepektif Filsafat (N. Daulay (ed.)). KENCANA.
Mubarok, S., & Abidin, Z. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mendidik Akhlak Siswa di MTS Negeri Surakarta II Tahun Pelajaran 2015/2016. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/71975%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/71975/8/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Mushfi, M. El, Iqbali, & Fadilah, N. (2019). PENDAHULUAN Viralnya tindak kekerasan serta merosotnya moral bangsa menimbulkan kerusuhan yang merupakan fenomena sosial . Fenomena sosial tersebut telah menjadi problematika yang lazim dan memerlukan atensi berbagai pihak terutama kalangan relevansi pend. Jurnal MUDARRISUNA, 9(1), 1–25.
Nengsih, R. I. N. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII 6 Di SMP Negri 7 Makassar.
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985
Oviyanti, F. (2016). Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 267–282. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.562
Parwati. (2023). Belajar dan Pembelajaran.
Rosaliza, M. (2015). 1099-Article Text-1955-1-10-20180418.pdf. In Jurnal Ilmu Budaya (Vol. 11, Issue 2, p. 9).
Sigit Hermawan, A. (2016). Metode Penelitian Bisnis.
Siti Nurhasyima Syamsuddin, M. dan A. W. (2024). Cendikia Cendikia. 1206(January), 46–61. https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i2.827
Suhendar. (2017). Penilaian Hasil Belajar. Erlangga.
Surani, S., Saputri, A., & Mustamin, M. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Petasia Kabupaten Morowali Utara. Education and Learning Journal, 3(1), 45. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.149
Yulianto, A. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vi Sdn 42 Kota Bima. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 6–11. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pendikdas
Zainal, A. Q., & Ansar, A. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.135
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.752
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0