Pengaruh Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs An-Nahdlah Layang Makassar
Abstract
Postulat ini membahas tentang pengaruh perpustakaan sekolah terhadap keunggulan siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran keyakinan moral di MTs An-Nahdlah Layang Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menggambarkan keunggulan siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran keyakinan moral di MTs An-Nahdlah Layang Makassar (2) untuk membedah seberapa besar pengaruh perpustakaan sekolah terhadap keunggulan siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran tersebut. keyakinan moral di MTs An-Nahdlah Layang Makassar.
Metode yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh peserta didik di MTs An-Nahdlah Layang Makassar yang berjumlah 203. Sampel yang digunakan adalah 134 responden dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Adapaun analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh perpustakaan sekolah terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs An-Nahdlah Layang Makassar secara parsial adalah (1) Variabel perpustakaan sekolah diperoleh nilai signifikansi <0,05 (0,001<0,05) dan thitung>ttabel (8,895 > 1,978) dengan persentase 89% > 20% artinya terdapat pengaruh signifikan perpustakaan sekolah terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs An-Nahdlah Layang. Adapun pengaruh secara simultan diperoleh nilai koefisien determinsasi atau digunakan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan model dalam menerangkan variabel independent (X) yaitu perpustakaan sekolah dan variabel dependen (Y) yaitu minat belajar. Hasil dari perhitungan diperoleh nilai = 0,375 dengan persentase sebesar 37,5% minat belajar dapat dijelaskan oleh variabel perpustakaan sekolah. Sedangkan sisanya sebesar 62,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Minat belajar dikategorikan sedang dengan persentase 56% dari jumlah responden sebanyak 134 orang.
Keywords
References
Al-Qur'an dan Terjemahannya, Kementerian Agama Republik Indonesia. Ziyad, 2014.
Baharuddin dan Esa. Hipotesis belajar tanpa henti. Ar-Ruzz Media, 2015.
Bambang Sudaryana dan Ricky Agusiady. Filsafat Eksplorasi Kuantitatif. Saya, Publikasikan Lebih Dalam, 2022.
Burhan Bungin, M. Teknik Eksplorasi Kuantitatif. Kencana, 2017.
Iskandar. Hipotesis dan Aplikasi SPSS Wawasan Instruktif). Saya, PT. Administrasi Nasya Tumbuh, 2022.
Layanan Instruksi. referensi kata bahasa indonesia. Pusat Bahasa, 2008.
M Farid Adi Susilo. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Kelas di Universitas Negeri Yoyogarta Tahun 2016
M.Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah. VII, Cahaya Hati, 2007.
Mursyid Nasution. Dampak Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 3 Pulau Rakyat Kabupaten Asahan. Perguruan Tinggi Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2020.
Nur Setiawati. “Pekerjaan Korespondensi Pendidik Diklat Ketat Islam Dalam Pemajuan Akhlak Siswa di SMP Negeri 36 Makassar.” Aset Logika Islam, vol.18, no.2, 2021.
Nuryadi. Dasar-Dasar Pengukuran Eksplorasi. Saya, Sibuku Media, 2017.
Priyono Darmanto. Perpustakaan Papan. I, Bumi Kemahiran, 2016.
Qahar Zainal, A., & Ansar, A. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i2.134
Rosmiati dan Ratika Nengsi” Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa” (Makassar :2023 Education and Learning Journal )
Rosmiati. “Model Pembelajaran Kontruktivistik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak.” Pendidikan Indonesia, vol. 9, no.2, 2023.
Rulam Ahmadi, Prolog Latihan Dasar dan Cara Berpikir Instruktif. Saya, Ar-Ruzz Media, 2014
Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 57–71. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.756
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0