Penerapan Metode Pembelajaran VCT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI

St Rahma, Andi Darmawangsa, Muh Aidil Sudarmono R, Abdul Wahab

Abstract


Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada kelas VIII 1 SMP Negeri 3 Mattiro Sompe menunjukkan adanya permasalahan terkait dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, dimana masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM. disebabkan kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII 1 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan instrumen penelitian berupa observasi, wawancara dan tes berupa pre-test dan tes akhir berupa pilihan ganda dengan 10 soal serta dokumentasi. Selanjutnya subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 3 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata skor keadaan awal siswa sebesar 33,33%, pada siklus I meningkat menjadi 54,16% dan pada siklus II meningkat signifikan sebesar 79,16% atau meningkat sebesar 45,83%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII 1 SMP Negeri 3 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang.


Keywords


Application, VCT, Learning Result

References


ALbdullalh Salni, R. (2016). Penelitialn Tindalkaln Kelals Pengembalngaln Profesi Guru. Tsmalrt Printing.

Dkk, M. M. (2018). Metodologi Penelitialn. ALdi Bualnal University Press.

Edi, F. R. S. (2016). Teori Walwalncalral Psikodignostik. LeutikalPrio.

Falsihaltus Sholihalh. (2017). Pengalruh Pendidikaln ALgalmal Islalm Terhaldalp Kealktifaln Ibaldalh Sholalt Siswal Kelals XI Di Smal Muhalmmaldiyalh 3 Suralbalyal. Jurnall Pendidikaln Islalm, 6, 2.

Feny Rital Fialntikal, D. (2022). Metodologi Penelitialn Kualntitaltif. Globall Eksekutif Teknologi.

Indonesial, R. (2018). Undalng-Undalng RI Nomor 20 Talhun 2003 Tentalng Sistem Pendidikaln Nalsionall. Kresnal Binal Insaln Primal.

Nurlalelalh. (2020). ALplikalsi Model Qualntum Tealching Dallalm Meningkaltkaln Motivalsi Daln Calpalialn Pembelaljalraln Siswal. Jurnall Inspiraltif Pendidikaln, IX, 153.

Pilo, N. (2019). Pemikiraln Pendidikaln K.H. Muhalmmald Halsyim ALsy’alri. Jurnall Ilmialh Islalmic Resources FALI-UMI Malkalssalr, 16, 209.

R, M. AL. S. (2023). Metode pembelaljalraln MI-SD. Talngguh Denalral Jalyal.

Rukminingsih, G. AL. daln M. AL. L. (2020). Metode Penelitialn Pendidikaln Penelitialn Kualntitaltif, Penelitialn Kuallitaltif, Penelitialn Tindalkaln Kelals. Erhalkal Utalmal.

Salptono, E. (2019). VCT Untuk Kemalndirialn Belaljalr Siswal. CV ALaln Publishing.

Sinalr. (2018). Metode ALctive Lealrning-Upalyal Menigkaltkaln Kealktifaln daln Halsil Belaljalr Siswal. Deephublish.

Sodik, S. S. daln M. AL. (2015). Dalsalr Metodologi Penelitialn. Literalsi Medial Publishing.

Sutalrjo ALdisusilo, J. . (2014). Pembelaljalraln Nilali Kalralkter Konstruktivisme daln VCT sebalgali Inovalsi Pendekaltaln Pembelaljalraln ALfektif. Raljalwalli Pers.

Walkkal, AL. (2020). Petunjuk ALl-Qur’aln Tentalng Belaljalr Daln Pembelaljalraln. Educaltion alnd Lealrning Journall, 1, 83.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel