URGENSI PEMBELAJARAN KITAB TALIM MUTAALLIM TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRIWATI DI PONDOKPESANTREN TILAWAH DAN TAHFDZUL QURAN TAQWA MAKASSAR
Abstract
Proposisi ini mengkaji tentang kekritisan pembelajaran kitab Talim Mutaallim terhadap penataan etika bagi siswa perempuan di sekolah pengalaman hidup Islam pengajian dan tahfidzul quran taqwa Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses pembentukan akhlak santriwati dalam kaitannya dengan hasil belajar kitab Pondok Pesantren Talim Mutaallim Pengajian dan Tahfidzul quran takwa Makassar dan untuk mengetahui urgensi pembelajaran kitab Talim MUtataallim terhadap pembentukan akhlak santriwati. Penelitian jenis ini menggunakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan untuk mengumpulkan informasi faktual yang relevan dengan judul penelitian. Strategi eksplorasi yang digunakan jelas subjektif dengan menggunakan metode persepsi lapangan. Rapat dan dokumentasi dalam mengumpulkan informasi. Langkah-langkah analisis data model Miles dan Hubermanpengumpulan data, tampilan data, dan verifikasikemudian digunakan untuk memilih dan menganalisis data yang dikumpulkan. Narasumber dalam pemeriksaan ini adalah pendidik pembelajaran kitab dan sekolah pengalaman hidup Islam Sanriwati untuk pengajian dan tahfidzul qur'an taqwa Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterpaksaan pembelajaran kitab talim mutaallim terhadap pengembangan etika bagi siswa di sekolah pengalaman hidup islami tilawah dan tahfidzul quran taqwa di makassar adalah sebagai lembaga pemberi pembelajaran (fasilitator). , guru (instruktur), kepala (pengendali) dan pengemudi persuasif. (inspirasi) sedangkan variabel pendukung dalam berkembangnya pengalaman ini adalah sudut pandang perkantoran, antara lain penyebaran buku, tempat review, tempat tinggal, dan lain-lain dari sekolah all inklusi, sedangkan faktor penghambatnya adalah iklim kehidupan yang bercampur dengan lingkungan eksternal. iklim yang berdampak pada pengalaman hidup Islam pelajar di sekolah pengajian dan tahfidzul Koran Taqwa Makassar.
Keywords
References
Adisaputro, S. E. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Milenial Membentuk Manusia Bermartabat. J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.118
Ahmad, W. (2020). Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar dan Pembelajar. Education and Learning Journal, 1(1), 82–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i1.43
As’ad, A. (2007). Tafsir Ta’lim Muta’allim. Menara Kudus.
Az-Zarnuji, I. (2020). Kitab Ta’lim Muta’allim, Panduan Gaya Pengalaman Hidup Islam Sekolah Bagi Pencari Informasi.
Bafadhol, I. (2017). Persekolahan Akhlak dalam Sudut Pandang Islam. Diary of Islamic Training.
Banna, A. (2022). Eksekusi Pelatihan Karakter dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Education and Learning Journal, 2(1).
Djamalidin, Ahdar., & W. (2019). Tiada Habisnya Belajar 4 Andalan Perluasan Kemampuan Akademik. Kaaffah Learning Center.
Hamka. (2020). Akhlaqu, Karimah. Gema Insani.
Hendra. (2023). Semoga beruntung, Masalah Pemerintahan dan Santri. Umsu Pres.
Mufradad, A. (2009). Macam-macam Hadits Akhlak. Pustaka Al-Kautsar.
Muhdlor, A. Z. (2021). Referensi Kata Arab-Indonesia Kontemporer. Multi, Karya Ilustrasi Pondok Pesantren Krapyak.
Munib, A. (2023). Mengenal Etika dan Tasawuf. Tiram Media.
Qahar Zainal, A., Ansar, A. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i2.134
Rahman, A. (2021). Terjemah Muqoddimah al-Hadhramiyah. Mutiara Ilmu.
Suandi, E. (2020). Belajar Kitab Ta’lim Muta’allim tentang Cara Berperilaku Santri. Buku Harian Eksplorasi Pelatihan Sosial Humaniora.
Sugono, D. (2008). Referensi Kata Bahasa Indonesia. Pustaka Bahasa.
Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031
Zulmi, Z., Rosmiati, R., & Nengsi, R. (2023). enerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Education and Learning Journal, 4(2), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.214
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.788
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0