Upaya Guru dalam Meminimalisir Problematika Pembelajaran Nahwu

Zubaidah Arfah, Wahyudin Wahyudin, Muhammad Syahrul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran nahwu di kelas X Madrasah Aliyah DDI Takkalasi Kabupaten Barru. 2) Untuk mendeskripsikan problematika yang terjadi dalam proses pelaksanaan pembelajaran nahwu di kelas X Madrasah Aliyah DDI Takkalasi Kabupaten Barru. 3) Untuk menngetahui upaya apa yang diterapkan guru untuk meminimalisir Problematika Pembelajaran Nahwu di kelas X Madrasah Aliyah DDI Takkalasi Kabupaten Barru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskripif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan (a) Proses pembelajaran nahwu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi selama proses pembelajaran. (b) Problematika dalam pembelajaran nahwu di kelas X Madrasah Aliyah DDI Takkalasi diantaranya: kesulitan memahami materi, kurangnya minat belajar siswa, adanya anggapan bahwa pelajaran nahwu itu sulit, dan masalah pendidik. (c) Upaya guru dalam meminimalisir problematika pembelajaran nahwu di kelas X Madrasah Aliyah DDI Takkalasi Kabupaten Barru yaitu dengan memberikan pemahaman kepada siswa tentang pembelajaran nahwu, memberikan motivasi kepada siswa dan memperbaiki proses pembelajaran.

Keywords


Problematika Pembelajaran; Nahwu; Siswa

References


Afandi, Muhammad., B. (2011). Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Dengan Memasukkan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Alfabeta.

Afandi, M. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Unissula Pres.

Boeree, C. G. (2016). Metode Pembelajaran Dan Pengajaran : Kritik Dan Sugesti Terhadap Dunia Pendidikan, Pembelajaran Dan Pengajaran. Ar-Ruzz Media.

Chotimah, C., & Nurdiana, L. (2021). Penerapan Kurikulum Nahwu Metode Kalamuna Al-Ula PP Al-Lathifiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 4(1), 25–30.

Hafid, W., Syarifuddin, S., & Sultan, N. (2023). Implementasi Metode Eklektik Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah DDI Padanglampe-PANGKEP. Shaut Al Arabiyyah, 11(2).

Khoiri, K. (2024). Studi Komparatif Metode Qiyasiyah Dan Istiqroiyah Dalam Pembelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren. Journal on Education, 6(2), 14064–14070.

https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5218

Mualif, A. (2019). Metodologi Pembelajaran Ilmu Nahwu Dalam Pendidikan Bahasa Arab. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 26–36. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v1i1.60

Ridho, U. (2018). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 2(1), 19. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124

Rizki., Budiansyah, R. (2020). Kajian Linguistik Modern Strukturalis Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Alsina : Journal of Arabic Studies, 2(2), 173–188.

https://doi.org/https://doi.org/10.21580/alsina.2.2.4968

Sakdiah, N., & Sihombing, F. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Sathar, 1(1), 34–41. https://doi.org/https://doi.org/10.59548/js.v1i1.41

Sari., Avita, Marni., & Makrufah, Y. K. (2021). Faktor Kesalahan Menulis Teks Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VIII Di MTS Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 2(1), 39–50.

Sudrajat, A. R. (2021). Urgensi Ilmu Nahwu Dan Sharaf Sebagai Asas Penulisan Karya Ilmiah Bahasa Arab. Al-Lis?n Al-‘arab?: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 31–41. https://doi.org/https://doi.org/10.61610/pba.v1i1.8

Supriadi, A., Akla, A., & Sutarjo, J. (2020). Problematika Pengajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 22(2), 211–230. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i02.2314

Syahrul, M., & Martini, M. (2018). Penerapan Pendekatan Konseling Rasional Emotif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Ddi Kab. Pangkep. Komunida : Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(1), 52. https://doi.org/10.35905/komunida.v8i1.600

Thahir, Ilyas., W. (2022). Problematika Pembelajaran Mata Kuliah Berbahasa Arab Via Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA-FAI) UMI Makassar. Education and Learning Journal, 3(2), 68–75. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v3i2.149

Tungkagi, F. M., Ali, I., & Kasan, Y. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Lulusan Non-Madrasah Di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Iain Sultan Amai Gorontalo. Al-Fakkaar, 3(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/alf.v3i1.2854

Wahab, M. A. (2015). Epistimologi Dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. LP.UIN. Syarif Hidayatullah.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel