Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas III di SDN Inpres Pampang I
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Bagaimana Penerapan Metode bernyanyi dalam meningkatkan motivasi belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas 3 di SDN Inpres Pampang dan Untuk Mengetahui Faktor Apa Saja yang Menjadi Pendukung dan Penghambat Metode bernyanyi dalam meningkatkan motivasi belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Seni budaya Kelas 3 di SDN Inpres Pampang. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengkaji peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran seni budaya melalui penerapan metode bernyanyi pada peserta didik kelas 3 di SD Inpres Pampang. Penelitian tindakan kelas ini dipilih karena merupakan salah satu cara dan strategi untuk memecahkan masalah yang terjadi dengan meanfaatkan tindakan nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas pembelajaran peserta didik di kelas 3 SD Inpres Pampang dengan menerapkan Metode Pembelajran bernyanyi dengan materi pembelajaran tentang seni rupa Dapat di buktikan dari dimana pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik adalah 66 (Kurang) dengan persentase ketuntasan 26%, kemudian di siklus I nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 71 (Cukup) dengan persentase 60%, sedangkan di siklus II nilai rata-rata peserta didik adalah 80 maka di kategorikan (Sangat baik) dengan persentase 86 %, Hasil belajar peserta didik Kelas 3, Dapat di ketahui bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 3 mulai dari pra siklus hingga siklus II mengalami peningkatan.
This research aims to find out how the singing method is applied in increasing students' learning motivation in Grade 3 Arts and Culture Subjects at SDN Inpres Pampang and to find out what factors support and inhibit the singing method in increasing students' learning motivation in Arts and Culture Subjects. Class 3 at SDN Inpres Pampang This type of research is Classroom Action Research (PTK) which examines increasing students' learning motivation in arts and culture subjects through the application of the singing method to grade 3 students at SD Inpres Pampang. This classroom action research was chosen because it is a way and strategy to solve problems that occur by using real action. The results of the research show that the learning activities of students in class 3 of SDIT Cobig Makassar by applying the singing learning method with learning material about fine arts can be proven from the results of observations made by observers in the first cycle of the first meeting, it was 60% and the second meeting was 86%. . So that the results of student observations at each meeting have increased. Class 3 student learning outcomes. It can be seen that there has been an increase in the learning outcomes of class 3 students from pre-cycle to cycle II.
Keywords
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.
Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis.
Kunandar. (2018). Langkah Mudah Penelitian Tindkan Kelas.
Lestari, E. T. (2020). Cara Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah DasarNo Title.
Muh, Fitrah, L. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelad & Studi Kasus,.
Mulyasa, E. (2018). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Nengsi, R. dan R. (2023). Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.
Rahmiyati, M. (2022). Instrumen Penelitian: Panduan Penelitian di Bidang PendidikanNo Title.
Sandu Siyoto, A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.
Shofiyuddin, A. (2019). Problematika Guru PAI Dalam Membina Prilaku Sosial Siswa. Vol. 2, No.
Suardi, M. (2018). Belajar dan pembelajaran,.
Subaedah, S., Syahid, A., Sudarmono R, M. A., & Widana, T. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 4 C MIN 2 Kota Makassar. Education and Learning Journal, 4(1). https://doi.org/10.33096/eljour.v4i1.203
Subur. (2015). Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Syah, M. (2018). psikologi belajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.794
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0