Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik
Rizal Syihbudi, Nurlaelah Nurlaelah, Maryam Ismail
Abstract
Penellitian ini memngkaji tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar, faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas VIII MTS DDI pulau kalukalukuang Kecamatan Kalmas Kabupaten Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Yaitu penelitian yang digunakan apa bila ingin melihat dan mengungkapkan suatu keadaan maupun menggunakan objek, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan pada saat pengumpulan data berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Guru Pendidikan Agama Islam di kelas VIII MTS DDI Pulau Kalukalukuang, Kecamatan Kalmas, Kabupaten Pangkep, menerapkan berbagai pendekatan seperti pengarahan, penguatan, pujian, dan bimbingan secara terus-menerus untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuannya adalah mempertahankan dan meningkatkan semangat belajar siswa, baik di dalam maupun di luar kelas, termasuk dalam kegiatan sekolah seperti upacara. Pendekatan ini telah berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar PAI, dengan dampak positif yang terlihat pada peningkatan semangat belajar mereka. Sementara itu, faktor penghambat seperti pengaruh teman sebaya dan kurangnya perhatian orang tua diatasi dengan memberikan nasehat, teguran, dan sanksi kepada siswa yang terpengaruh, serta melibatkan orang tua dengan memberikan himbauan agar lebih memperhatikan dan mengawasi anak-anaknya dalam hal belajar. Upaya guru tidak hanya terfokus pada siswa tetapi juga melibatkan orang tua untuk menciptakan kondisi yang mendukung motivasi belajar siswa.
Keywords
Strategi Guru: Guru Agama; Motivasi Belajar.
References
Moleong, Lexi J., and PRRB Edisi. 2004. “Metodelogi Penelitian.” Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya 3(01).
Nurlaelah, Nurlaelah, and Sifa Nur Aisyah. 2023. “Implementasi Active Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai Di SMP IT Darussalam Makassar.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 9(3).
Nurlaelah, Nurlaelah, and Subaik Subaik. 2023. “Upaya Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 4(2):385–92.
Pasar, Melalui Riset Ekuitas, P. Merek, and M. Pasar. 2013. “Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.” Jurnal EMBA 1(3).
Sulviana, Sulviana, Syarifa Raehana, and Muhammad Syahrul. 2023. “Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri’dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam 1(1):1–7.
Syam, Jamila. 2016. “Pendidikan Berbasis Islam Yang Memandirikan Dan Mendewasakan.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(2).
Tias, Tri. 2021. Variasi Permainan Pembelajaran, Metode, Dan Ice Breaking. Guepedia.
Wibowo, Thomas Gunawan. 2016. Menjadi Guru Kreatif. Media Maxima.
Yusuf, A. Muri. 2017. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Prenada Media.
DOI:
http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.795
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0