Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI PM 3 SMTI Makassar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah bagaimana implementasi model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI PM 3 SMK SMTI Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI PM 3 SMK SMTI Makassar sebanyak 34 peserta didik yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa dalam pengimplementasian model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan berpikir kritis dapat di lihat hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes belajar peserta didik pada prasiklus dengan jumlah peserta didik yang tuntas hanya 15 orang dengan persentase sebesar 44,1% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 19 orang dengan persentase sebesar 55,9% dan memperoleh nilai rata-rata 61,76 kategori kurang. Adapun pada siklus I, jumlah peserta didik yang tuntas 24 orang dengan persentase sebesar 80% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 10 orang dengan persentase sebesar 20% dan memperoleh nilai rata-rata 76,1 kategori cukup. Sedangkan pada siklus II, jumlah peserta didik yang tuntas 31 orang dengan persentase sebesar 91,6% sedangkan yang tidak tuntas 3 peserta didik atau 8,4% dan memperoleh nilai rata-rata 8,79 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, implementasi model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dilihat dari keaktifan dalam kelas dan peningkatan hasil tes belajar peserta didik.
Keywords
References
Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.
H.P, Daulay. 2016. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.
Haerullah Ade, & Said Hasan. 2017. Model Dan Pendekatan Pembelajaran Inovatif.
Lismaya, Lilis. 2019. Berpikir Kritis Dan PBL (Problem Based Learning).
M Akil &, Bunyamin, Andi. 2023. “Peran Guru Pendidikan Pendidikan Agam Islam Dalam Membina Akhalk Siswa Di MAN Gowa.”
Noviandi Andi, Ihsan Dacholfaby. 2020. Implementasi MBS Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.
Pamungkas, B T. 2022. “Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Pada Siswa MI Manarul Islam Malang.”
Raehana, Syarifah, And Muhammad Syahrul. 2023. “Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri’ Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.”
Ratika Nengsi, Iful Novianti R.S, A.H. 2022. “Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mta Pelajaran PAI Kelas VII 6 Di SMP Negeri 7 Makassar.”
Rofi Muhammad, Muh. Fahrurrozi. 2017. Evaluasi Hasil Belajar.
Sofyan, Herminarto. 2017. Problem Based Based Learning Dalam Kurikulum 2013.
Sumakiyah. 2021. “Pengenalan Makhorijul Huruf Hijaiyah Melalui Metode Talaqqi Pada Kelas Vii.” : 2021.
Surani, Imam Bahtiar, A.R.A. 2022. “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII C Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.”
Suwartono. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian.
Suwastika., Nurafiati. 2022. “Strategi Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani.”
Tampubolon, S. M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Keilmuan.
Wahab, Abdul. 2024. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Akhlak Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 2 Seimenggaris Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.”
Zakiah, Linda & Ika Lestari. 2019. Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.796
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0