Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Andi Bunyamin, Putri Windiyasari Idris, Subaedah Subaedah, Nur Setiawati

Abstract


Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Pesantren Ullumul Islam Makassr. Permasalahan utama yang diteliti adalah apakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Pondok Pesantren Ullumul Islam Makassar dan bagaimana metode role play digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas tersebut. Untuk mengatasi masalah di atas, penelitian diarahkan. Eksplorasi ini merupakan penelitian Kegiatan Wali Kelas yang diarahkan pada tahun 2023 terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari latihan penyusunan, pelaksanaan, persepsi dan refleksi. Eksplorasi dilakukan di kelas V Sekolah Pengalaman Hidup Islam Ullumul Islam Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Pengumpulan informasi dilakukan dengan menggunakan teknik subjektif yang diperoleh dari persepsi selama pengalaman yang berkembang selama eksplorasi. Informasi subyektif diperoleh dari tes hasil belajar setiap siklusnya. Kemudian, hal tersebut diselidiki secara kuantitatif, khususnya dengan memahami dampak lanjutan dari aktivitas selama pengalaman berkembang dan secara kuantitatif menggunakan pengukuran ilustratif dari skor normal, tabel pengulangan, dan angka. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada saat tindakan kelas, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang tercermin dari peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hasil tes akhir siklus II sebesar 88% menunjukkan bahwa hasil belajar IPS mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I sebesar 68%, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 88%. Ujungnya adalah pemanfaatan teknik berpura-pura ampuh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Pengalaman Hidup Islam Ullumul Islam Makassar pada mata pelajaran Sosiologi..


Keywords


Role Playing; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Tata Cara Pembelajaran, (Bandung: PT Muda Rosdakarya)

Ahmad Amrullah dan Zainal Aqib, Ruang Kajian Kegiatan Eksplorasi: Penerapan dan Hipotesis, Yogyakarta: Disampaikan, 2019), hal.1

Ahmad Walid, Strategi Pembelajaran IPA, (Yogyakarta: 27). Perpustakaan Mahasiswa, 2017.

Cabang Pendidikan Umum, Referensi Kata Besar Bahasa Indonesia, halaman 1, “pada dasarnya pendidikan langgeng sepanjang keberadaan manusia” (scribd 2021). Pusat Bahasa, 2018), hal. 1034.

Djumingin, Sulastriningsih, Metode dan Penggunaan Model Pembelajaran dan Menulis Bahasa Imajinatif, (Makassar: Disseminating Office 2011) hal. 175 21 2)

Fasuziyah, Pemanfaatan Model SFF Close to Learning (Jakarta: Model Pembelajaran karya Hamzah B. Uno (Jakarta: Halaman (UIN Syarif Hidyatullah, 2013). 22-23 Bumi Aksara, 2009), hlm. 26-28.17 4) Ibid., halaman 582 Dinas Agama Republik Indonesia, Al-Qur'an dan Tafsirnya (Semarang). CV Asy-syifa' 2001) hal. 756

M.Quraish Shihab. Al-Qur'an dan Maknanya. Jakarta: (Manihar Situmorang, Eksplorasi Kegiatan Wali Kelas, Lentera Hati, I: Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2019), hal.42

Mengerjakan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Menggunakan Strategi Pretending, oleh Khoirul Huda, (Focal Java Didaktikum: Jurnal PTK, 2015), vol. 16 tidak. 3

Muhibbin Syah, Penelitian Pikiran Pembelajaran, (Jakarta: Nana Sudjana, Esensi Pengalaman Pengajaran dan Pendidikan, Bandung: Rajawali Pers., 2018, hal. 59 Sinar Baru Algesindo, 2014, hal. 45

Nurmawati, Investigasi Pelajaran Islam, (Bandung: Cipta Pustaka Media, 2016) hal. 155

Pendaftaran Wajib Militer (KBBI) secara online hingga 11 Februari 2022

Pinton Setya Mustafa, DKK, Kuantitatif, Prosedur Investigasi Emosional dan Investigasi Latihan Ruang Tinjauan di Sekolah Olahraga, (Malang: Rineka Cipta, 2020) hal.134.

Qahar Zainal, A., & Ansar, A. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i2.134

Referensi Kata Besar Bahasa Indonesia, Cabang Sekolah Umum (Jakarta: 952 (Language Center, 2018).

Rosmiati dan Ratika Nengsi” Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa” (Makassar :2023 Education and Learning Journal )

Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 57–71. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i2.799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel