Peran Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Quran pada Peserta Didik Kelas VIII di Pondok Pesantren Umar Bin Abdul Aziz Rumbo Kabupaten Enrekang

Nurul Husna, Mustamin Mustamin, Abdul Qahar Zainal, Abdul Wahab

Abstract


Skripsi ini membahas tentang gambaran Peran Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur'an Pada Peserta Didik Pada Peserta Didik Kelas VIII DI SMP IT Pondok Pesantren Umar Bin Abdul Aziz Rumbo Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi sebagai metode dalam pengumpulan data. bagaimana peran metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur'an pada peserta Data yang dikumpulkan kemudian diseleksi dan dianalisis melalui langkah-langkah analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (reduksi data), penyajian data (display data) ) dan kesimpulan (verifikasi). Adapun yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah pendidik dan beberapa peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui didikan di Pondok Pesantren Umar Bin Abdul Aziz Rumbo, Kabupaten Enrekang. Dan bagaimana pelaksanaan metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Umar Bin Abdul Aziz Rumbo, Kabupaten Enrekang. dan untuk mengetahui Apa faktor pendukung dan penghambat pada peran metode talaqqi di Pondok Pesantren Umar Bin Abdul Aziz Rumbo, Kabupaten Enrekang. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan menunjukkan bahwa metode talaqqi yang digunakan oleh Pondok Pesantren Umar Bin Abdul Aziz Rumbo, Kabupaten Enrekang. dalam proses pembelajaran sudah efektif. Menghafal menggunakan metode talaqqi diPondok Pesantren Umar Bin Abdul Aziz Rumbo, Kabupaten Enrekang dilaksanakan setelah sholat subuh sampai jam enam dan menyetor hafalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh mudarrisah atau pendidik yang telah diamanahkan. Dalam proses pembelajaran menghafal Al-Qur'an dengan menggunakan metode talaqqi ada beberapa yaitu, persiapan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, proses talaqqi, proses penyetoran hafalan, hambatan-hambatan peserta didik dan evaluasi.

Keywords


Metode Talaqqi;

References


Alhafidz, A. (2012). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Bumi Aksara.

Annisa Ashlihatul Akbar, Akhmad Syahid, Rosmiati, & Abdul Wahab. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mipa 1 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 4 Maros. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 32–38. https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.251

Departemen Agama RI. (2019). Al-Qur’an Hafalan Mudah dan Terjemahan, Tajwid Berwarna.

Embas, A. A. (2013). Menurut Anda Memahami dan Menghafal Al-Qur’an ( Juz 1). Makassar.

FITIANA, N. (2016). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Tajul Waqor Kota Bengkulu. 1–23.

Harahap, B. (2019). Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Pustaka.

Ihsan, A. (2020). Efektivitas Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Qur’an Pondok Pesantren Ittihadul Usrati Wal Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kabupaten Pinrang. Institut Agama Islam (IAIN) Pare-Pare.

M. Yusuf, K. (2015). Studi Al-Qur’an (2nd ed.). Bumi Aksara.

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama islam [The role of learning methods on interest and learning achievement in Islamic religious education]. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168.

Mashud, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Dalam Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas Vib Sekolah Dasar Islam Yakmi Tahun 2018. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 347–358. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.397

Pamungkas, B. T. (2022). Efektivitas metode talaqqi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada siswa MI Manarul Islam Malang.

Rauf, Arfandi Muhammad, Andi Bunyamin, A. S. (2022). pembinaan nilai- nilai religius pada peserta didik sdit takwa cendekia makassar. vol 2, 2.

Sidauruk, D. F. (2019). Penerapan Metode kauny Quantum Memory dalam Meningkatkan Hafalan dan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tahfidz di MI Nurul Qomar Palembang. Jurnal Muaddib, 2019), Hal. 74 )., 2(2), 74.

Subiyono, M. (2021). Efektivitas Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an Di Pondok Pesantren Syifa’il Janan Muara Belita Musi Rawas. Institut Agama Islam (IAIN) Bengkulu.

Sumakiyah. (2021). Pengenalan makhorijul huruf hijaiyah melalui metode talaqqi pada kelas vii. 2021.

surani, Annisa Saputri, M. (2022). strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam supervisi pembelajaran guru pendidikan Agama islam di smpn 1 petasia kabupaten morowali utara. vol 3, 46.

Zainal, A. Q., & Ansar, A. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.135




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jalutoto

https://revista.sbfoton.org.br/contato/

https://inef.da.upm.es/

situs slot online

toto togel

https://jfs.nfsu.ac.in/

toto slot

judi

bandar togel

https://tabaqdc.com

https://cnalab.uop.gr/contact-us/

https://edificacion.da.upm.es/

https://turningheadskennel.com/about-us/

https://aai.univ-boumerdes.dz/

slot gacor

situs slot

situs mantis88

slot gacor

slot thailand

https://navales.da.upm.es/

slot gacor

slot online

hot51

kangtoto2

https://world.bitharvest.io/

https://ezzing.com/wp-content/

situs toto

toto slot

Slot777

slot777

slot777

https://csdmm.da.upm.es/

situs slot thailand gacor hari ini

data macau

dc slot gacor