Penerapan Metode Pembelajaran Think Talk Write Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII.1 Di Mts Mdia Taqwa Makassar
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Penerapan Metode Pembelajaran Think Talk Write Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Kelas VIII.1 Di MTs MDIA Taqwa Makassar yang bertujuan untuk mendiskripsikan penelitian dan hasil penerapan metode pembelajaran Think Talk Write agar dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak pada kelas VIII.1 di MTs MDIA Taqwa Makassar. Penelitian ini didasarkan oleh model pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus utama dalam proses pembelajaran (Siklus I dan Siklus II), di mana setiap siklusnya memiliki tahapan-tahapan pula (Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi) dan terdiri dari 4 pertemuan secara keseluruhan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 MTs MDIA Taqwa Makassar dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rumus perhitungan persentase dan nilai rata-rata (mean) baik untuk analisis data lembaran aktivitas peserta didik maupun ketuntasan hasil belajar peserta didik. Terdapat hasil dari penerapan Think Talk Write terhadap kelas VIII.1 di MTs MDIA Taqwa Makassar, yaitu dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII.1 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak mulai dari tahapan pra siklus hingga siklus II sesuai dengan hasil tes yang dilakukan peneliti terhadap perserta didik pada saat proses pembelajaran di kelas. Di mana pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik adalah 65 (kurang dengan persentase ketuntasan 10,71%, kemudian di siklus I nilai rata-rata peserta didik adalah 75,53 (meningkat namun masih pada kategori belum mencapai KKM atau kurang) dengan persentase ketuntasan 42,85%, lalu pada siklus II nilai rata-rata peserta didik menjadi 92,46 (sangat baik) dengan presentase ketuntasan 100%.
Keywords
References
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8–12.
Aziz, A. F., Kusumaningsih, W., & Rahmawati, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 127–132. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5774
Banna, A. (2022). Eksekusi Pelatihan Karakter dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Education and Learning Journal, 2(1).
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Ournal of Gurutta Education, 2(2), 112–129. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1401
Halimah, M. K. (2023). Analisis Penerapan Think Talk Write (TTW) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menulis Narasi Di Kelas Tinggi. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 135–140.
Hidayat, A. W. (2020). Inovasi Kurikulum dalam Perspektif Komponen-Komponen Kurikulum Pendidikan Agama Islam. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 2(1), 111–129. https://doi.org/https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i1.72
Limbong, I. E. (2023). Aspek Finansial Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (Jurkam), 1(3), 147–154.
Madekhan, M. (2020). Fungsi Pendidikan dalam Perubahan Sosial Kontemporer. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/rf.v9i1.252
Mashudi, K. (2020). Telaah Tafsir Al-Muyassar (K. A. A. Saudi (ed.); 1st ed.). PT. Cita Intrans Selaras.
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.2564/js.v2i1.17
Qudsyi, H. (2022). Hadist Riwayat Ahmad: Menghormati Ilmu Dan Ahli Ilmu. Universitas Islam Indonesia.
RI, K. A. (2017). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Dinamika Cahaya Pustaka.
Rosmiati., Nengsih, R. (2023). Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar SiswaPenerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ElJour: Education and Learning, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.214
Suparya, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 2(2), 19–24.
Zainal, Qahar., & Andi, A. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i2.134
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.940
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0